Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Pengarang
Endang Astuty - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Usman - 197412312001121003 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1806203020012
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Magister Pertanian., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.302 81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kemampuan pemahaman matematis penting dimiliki oleh siswa SMA. Namun kenyataan yang terjadi di SMAN 6 Banda Aceh, pemahaman matematis siswa masih belum mencapai ketuntasan sehingga mempengaruhi nilai akhir mata pelajaran matematika. Penyebab masalah tesebut dikarenakan pembelajaran berpusat kepada guru yang menjadikan pembelajaran tidak bermakna. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang bermakna sehingga dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Salah satu model pembelajaran yang bermakna yaitu model Problem Based Learning. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan model Problem Based Learning di SMAN 6 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA-2 sebagai kelas eksperimen terdiri dari 30 siswa dengan model PBL dan kelas XI IPA-1 sebagai kelas kontrol terdiri dari 29 siswa dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan pemahaman matematis. Teknik analisis data memggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. hitung lebih dari sig. alpha, sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman matematis siswa melalui model PBL lebih baik dari pada pemahaman matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional.
The understanding mathematics ability is important for high school students. However, the reality that happened at SMAN 6 Banda Aceh, students' mathematical understanding still has not reached completeness so that it affects the final score of mathematics subjects. The cause of the problem is due to teacher-centered learning which makes learning meaningless. Therefore, a meaningful learning model is needed so that it can improve students' mathematical understanding ability. One of the meaningful learning models is the Problem Based Learning model. Based on this background, this research aims to:to find out the increase in students' mathematical understanding skills with the Problem Based Learning modelat SMAN 6Banda Aceh. This research is a quasi-experimental design with nonequivalent control group design. The research sample consisted of two classes, namely class XI IPA-2 as the experimental class consisting of 30 students with the PBL model and class XI IPA-1 as the control class consisting of 29 students with the conventional model. The data collection technique is done by test. The research instrument used is a test of mathematical understanding ability. The data analysis technique used independent sample t-test . The results showed that the value of sig. count more than sig. alpha, so it can be concluded that the increase in students' mathematical understanding through the PBL model is better than the mathematical understanding of students who get conventional learning
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Endang Astuty, 2022)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (HIDAYATI, 2022)
PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)
PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN KONSEP DIRI SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS AKSI, PROSES, OBJEK DAN SKEMA (Handa Maya Sari, 2023)