KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG DALAM KARANGAN DESKRIPSI PADA RNTEMA 1 SUBTEMA 2 PB 2 KELAS V SD NEGERI 40 RNBANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG DALAM KARANGAN DESKRIPSI PADA RNTEMA 1 SUBTEMA 2 PB 2 KELAS V SD NEGERI 40 RNBANDA ACEH


Pengarang

Devi Ratnasari - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nurhaidah M. Insya Musa - 195703211979032002 - Dosen Pembimbing I
M. Yamin - 195912311985031025 - Dosen Pembimbing II
Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Penguji
Mislinawati - 198101042008122002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104040036

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Ratnasari, Devi.2022. Kemampuan Peserta Didik Menggunakan Kata Penghubung dalam Karangan Deskripsi pada Tema 1 Subtema 2 Pb 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :

(1) Dra. Nurhaidah, M.Pd (2) Drs. M Yamin, M.Ed

Kata Kunci :Kata Penghubung, Karangan Deskripsi
Penelitian ini berjudul “Kemampuan Peserta Didik Menggunakan Kata Penghubung dalam Karangan Deskripsi Pada Tema 1 Subtema 2 Pb 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh”. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemamapuan peserta didik menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi pada Tema 1 Subtema 2 Pb 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi pada Tema 1 Subtema 2 Pb 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh yang berjumlah 34 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes secara tertulis yang berbentuk soal atau isian dalam bentuk wacana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memperoleh nilai dengan kategori “sangat mampu” sebanyak 15 orang. peserta didik dengan kategori “mampu” sebanyak 7 orang. Serta peserta didik yang “belum mampu” sebanyak 12 orang. Nilai rata-rata kemampuan peserta didik menggunakan kata penguhubung dalam karangan deskripsi pada Tema 1 Subtema 2 PB 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh sebesar 83,38 atau berada pada kategori mampu. Hal ini sesuai dengan ketentuan sebagai berikut: 89< A ≤ 100 (sangat mampu), 79 < B ≤ 89 (mampu), dan 70 ≤ C ≤ 79 (belum mampu). Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik menggunakan kata penguhubung dalam karangan deskripsi pada Tema 1 Subtema 2 PB 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh dikategorikan mampu. 

Citation



    SERVICES DESK