Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG DALAM KARANGAN DESKRIPSI PADA RNTEMA 1 SUBTEMA 2 PB 2 KELAS V SD NEGERI 40 RNBANDA ACEH
Pengarang
Devi Ratnasari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nurhaidah M. Insya Musa - 195703211979032002 - Dosen Pembimbing I
M. Yamin - 195912311985031025 - Dosen Pembimbing II
Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Penguji
Mislinawati - 198101042008122002 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1506104040036
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Ratnasari, Devi.2022. Kemampuan Peserta Didik Menggunakan Kata Penghubung dalam Karangan Deskripsi pada Tema 1 Subtema 2 Pb 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Dra. Nurhaidah, M.Pd (2) Drs. M Yamin, M.Ed
Kata Kunci :Kata Penghubung, Karangan Deskripsi
Penelitian ini berjudul “Kemampuan Peserta Didik Menggunakan Kata Penghubung dalam Karangan Deskripsi Pada Tema 1 Subtema 2 Pb 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh”. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemamapuan peserta didik menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi pada Tema 1 Subtema 2 Pb 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan peserta didik menggunakan kata penghubung dalam karangan deskripsi pada Tema 1 Subtema 2 Pb 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh yang berjumlah 34 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes secara tertulis yang berbentuk soal atau isian dalam bentuk wacana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memperoleh nilai dengan kategori “sangat mampu” sebanyak 15 orang. peserta didik dengan kategori “mampu” sebanyak 7 orang. Serta peserta didik yang “belum mampu” sebanyak 12 orang. Nilai rata-rata kemampuan peserta didik menggunakan kata penguhubung dalam karangan deskripsi pada Tema 1 Subtema 2 PB 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh sebesar 83,38 atau berada pada kategori mampu. Hal ini sesuai dengan ketentuan sebagai berikut: 89< A ≤ 100 (sangat mampu), 79 < B ≤ 89 (mampu), dan 70 ≤ C ≤ 79 (belum mampu). Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik menggunakan kata penguhubung dalam karangan deskripsi pada Tema 1 Subtema 2 PB 2 Kelas V SD Negeri 40 Banda Aceh dikategorikan mampu.
KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KATA PENGGHUBUNG DALAM KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA ACEH (MUZAKIATI, 2014)
PENGGUNAAN KATA DEPAN DALAM KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS IVA DI SD NEGERI 1 PAGAR AIR (USWATUN HASANAH, 2019)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Sumarniati Desky, 2019)
KEMAMPUAN MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG DALAM MENULIS KARANGAN OLEH SISWA KELAS V SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Teuku Teddy Ari Yoga, 2018)
KEMAMPUAN MENGARANG KARANGAN DESKRIPSI DENGAN MENGGUNAKAN GAMBAR SERI SISWA KELAS V SD NEGERI 29 BANDA ACEH (Ade Anggraini Fahmal, 2019)