PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MEDIA PERMAINAN ENGKLEK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

AMIRULLAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nurasiah - 197612312005012002 - Dosen Pembimbing I
Sufandi Iswanto, S.Pd., M.Pd. - 198905142019031008 - - - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806101020025

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Permasalahan pada penelitian ini adalah terdapat kurangnya motivasi belajar sejarah siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan media permainan engklek di kelas X IPS dan untuk mengetahui motivasi belajar sejarah siswa kelas X IPS dengan penerapan media permainan engklek. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPS yang berjumlah 22 siswa. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan angket. Hasil dari pengamatan kegiatan guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran sebesar 81% dengan kategori baik. Motivasi siswa pada penerapan media permainan engklek 42% menjawab sangat setuju, 35,9% yang menjawab setuju, 6,4 % menjawab netral, 8,1% yang menjawab tidak setuju dan 7,3% yang menjawab sangat tidak setuju dengan kategori Sangat baik. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam proses penerapan media permainan engklek dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Media Permainan Engklek

The problem in this study is that there is a lack of motivation to learn the history of students. The purpose of this study was to determine the process of applying the engklek game media in class X Social Sciences and to find out the motivation to learn history of students in class X Social Sciences by applying the engklek game media. The type of research used in this research is descriptive with a qualitative approach. As for the subject of this research are students of class X IPS totaling 22 students. Data collection is done by observation and questionnaires. The results of observing the activities of teachers and students in the implementation of learning are 81% in the good category. Student motivation on the application of the engklek game media 42% answered strongly agree, 35.9% answered agree, 6.4% answered neutral, 8. 1% answered disagreed and 7.3% answered strongly disagreed in the Very good category . So it can be concluded that in the process of applying the engklek game media it can increase students' motivation to learn history. Keywords: Learning Motivation, Enklek Game Media

Citation



    SERVICES DESK