Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 4 SEHAT ITU PENTING SUBTEMA 1 PB 1 KELAS V SD NEGERI 54 BANDA ACEH
Pengarang
YULI ELIANA SARI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nurhaidah M. Insya Musa - 195703211979032002 - Dosen Pembimbing I
Fauzi - 195904091986031012 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1706104040052
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.33
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Banyaknya bahan pembelajaran dapat menyulitkan siswa untuk memahami pelajaran apabila mereka hanya diajarkan melalui buku. Salah satu topik yang sedang dibahas di tema 4 adalah sistem peredaran darah manusia. Jika siswa memiliki kesulitan memahami materi pembelajaran, itu memiliki dampak negatif pada kemampuan mereka belajar dari materi tersebut. Mediia audio visuaI sering digunakan untuk membantu siswa lebih memahami materii dengan lebih jelas. Penelitian ni merupakann jenis penelitian eksperimen dengan pendkatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah kelas Va sjumlah 30 orrang sbagai kelas eksperiimen dan kelas Vb sejumlah 30 orang sbagai kelas control. Pengumpulan data dlakukan dengan menggunakan tes. Tes diberikan setelah pembelajaran selesai. Teknik analisa data dlakukan dengan rumus Uji-t dua belah pihak. Data yang didapatkan kemudian diolah dngan mnggunakann rumus statistic Uji-t pada taraf siqnifikan α= 0.05. Data diolah dan didapatkan hasil thitung > ttabel yaitu 2.43 > 1.67, maka dikatakan H0 dtolak dan H1 ditrima. Berdasrkan hasil yang diiperoleh dapat disimpulkan bahwa terrdapat pengaruh media audio-visual terhadap hasil blajar peserta didik pada tema 4 shat itu penting subtma 1 PB 1 kelas V di SD Negeri 54 Banda Aceh
The number of learning materials can make it difficult for students to understand the lesson if they are only taught through books. One of the topics being discussed in theme 4 is the human circulatory system. If students have difficulty understanding the learning material, it has a negative impact on their ability to learn from the material. Audio visual media is often used to help students understand the material more clearly. This research is an experimental research type with a quantitative approach. The sample in this study was class Va with 30 people as the experimental class and class Vb with 30 people as the control class. Pngum, data collection is done by using tests. The test is given after learning is complete. The data analysis technique was carried out using the two-sided t-test formula. The data obtained was then processed using the statistical formula t-test at a significant level = 0.05. The data is processed and the result is tcount > ttable, which is 2.43 > 1.67, so it is said that H0 is rejected and H1 is accepted. Based on the results obtained, it can be concluded that there is an influence of audio-visual media on students' learning outcomes on the 4th theme, it is important subtma 1 PB 1 class V at SD Negeri 54 Banda Aceh
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 8 DAN SUBTEMA 1 KELAS III SD NEGERI PANTE KAREUNG ACEH BESAR (Agus Mauliza, 2020)
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SDN 29 BANDA ACEH (Ayu Makfirah, 2017)
PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Haira Ilmi, 2020)
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU DI KELAS IV SD NEGERI 8 BANDA ACEH (NURFITRIA, 2015)
“PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SUBTEMA MACAM-MACAM PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN 16 BANDA ACEH.” (Novia Erlisa, 2015)