PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 4 SEHAT ITU PENTING SUBTEMA 1 PB 1 KELAS V SD NEGERI 54 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 4 SEHAT ITU PENTING SUBTEMA 1 PB 1 KELAS V SD NEGERI 54 BANDA ACEH


Pengarang

YULI ELIANA SARI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nurhaidah M. Insya Musa - 195703211979032002 - Dosen Pembimbing I
Fauzi - 195904091986031012 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706104040052

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Banyaknya bahan pembelajaran dapat menyulitkan siswa untuk memahami pelajaran apabila mereka hanya diajarkan melalui buku. Salah satu topik yang sedang dibahas di tema 4 adalah sistem peredaran darah manusia. Jika siswa memiliki kesulitan memahami materi pembelajaran, itu memiliki dampak negatif pada kemampuan mereka belajar dari materi tersebut. Mediia audio visuaI sering digunakan untuk membantu siswa lebih memahami materii dengan lebih jelas. Penelitian ni merupakann jenis penelitian eksperimen dengan pendkatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah kelas Va sjumlah 30 orrang sbagai kelas eksperiimen dan kelas Vb sejumlah 30 orang sbagai kelas control. Pengumpulan data dlakukan dengan menggunakan tes. Tes diberikan setelah pembelajaran selesai. Teknik analisa data dlakukan dengan rumus Uji-t dua belah pihak. Data yang didapatkan kemudian diolah dngan mnggunakann rumus statistic Uji-t pada taraf siqnifikan α= 0.05. Data diolah dan didapatkan hasil thitung > ttabel yaitu 2.43 > 1.67, maka dikatakan H0 dtolak dan H1 ditrima. Berdasrkan hasil yang diiperoleh dapat disimpulkan bahwa terrdapat pengaruh media audio-visual terhadap hasil blajar peserta didik pada tema 4 shat itu penting subtma 1 PB 1 kelas V di SD Negeri 54 Banda Aceh

The number of learning materials can make it difficult for students to understand the lesson if they are only taught through books. One of the topics being discussed in theme 4 is the human circulatory system. If students have difficulty understanding the learning material, it has a negative impact on their ability to learn from the material. Audio visual media is often used to help students understand the material more clearly. This research is an experimental research type with a quantitative approach. The sample in this study was class Va with 30 people as the experimental class and class Vb with 30 people as the control class. Pngum, data collection is done by using tests. The test is given after learning is complete. The data analysis technique was carried out using the two-sided t-test formula. The data obtained was then processed using the statistical formula t-test at a significant level = 0.05. The data is processed and the result is tcount > ttable, which is 2.43 > 1.67, so it is said that H0 is rejected and H1 is accepted. Based on the results obtained, it can be concluded that there is an influence of audio-visual media on students' learning outcomes on the 4th theme, it is important subtma 1 PB 1 class V at SD Negeri 54 Banda Aceh

Citation



    SERVICES DESK