Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS III-A SDN 5 BANDA ACEH
Pengarang
JUANDA FATRA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Fauzi - 195904091986031012 - Dosen Pembimbing I
Nurhaidah M. Insya Musa - 195703211979032002 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1706104040090
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Rendahnya pemahaman peserta didik kelas III SD tentang perkalian dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain pendekatan pembelajaran yang digunakan tidak sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif peserta didik. Salah satuh pendekatan yang dapat menjembatani pemahaman peserta didik kelas III SD terhadap materi perkalian adalah melalui pendekatan matematika realistik. Sehingga yang menjadi Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah aktivitas guru dan peserta didik serta hasil belajar peserta didik pada materi perkalian melalui penerapkan pendekatan matematika realistik di kelas III A-SDN 5 Banda Aceh. Adapun Tujuannya untuk mendepkripsikan aktivitas guru dan peserta didik serta untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada materi perkalian melalui pendekatan matematika realistik.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini berjumlah 28 peserta didik kelas III A-SDN 5 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus dan setiap siklus melalui empat tahapan yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif.
Hasil analisis data pada penelitian yang berkenaan dengan aktivitas guru, peserta didik, dan hasil belajar peserta didik adalah (a). Hasil nilai rata-rata aktivitas guru pada siklus I adalah 3,00, pada siklus II adalah 3,61 dan pada siklus III adalah 4,53. (b). Hasil nilai rata-rata aktivitas peserta didik pada siklus I adalah 2,50, pada siklus ke II adalah 3,37 dan pada siklus III adalah 4,50. (c). Hasil belajar peserta didik pada siklus I diproleh nilai rata-rata 68 dengan persentase ketuntasan klasikal adalah 46%, pada siklus II nilai rata-rata 73 dengan persentase ketuntasan klasikal adalah 71,42%, dan pada siklus III diproleh nilai rata-ratanya 86 dengan persentase ketuntasan klasikal adalah 85,71%. Dari analisis data setiap siklus dapat disimpulkan penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas guru, dan peserta didik serta dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perkalian di kelas III A SDN 5 Banda Aceh.
The low understanding of third grade elementary school students about multiplication can be caused by several factors, including the learning approach used is not in accordance with the level of cognitive development of students. One approach that can bridge the understanding of third grade elementary school students towards multiplication material is through a realistic mathematical approach. So that the formulation of the problem in this study is how the activities of teachers and students as well as student learning outcomes on multiplication material through the application of a realistic mathematical approach in class III A-SDN 5 Banda Aceh. The aim is to describe the activities of teachers and students and to determine student learning outcomes on multiplication material through a realistic mathematical approach. The research uses a qualitative approach and the type of research is classroom action research (CAR). The subjects of this study amounted to 28 students of class III A-SDN 5 Banda Aceh. This research was conducted in three cycles and each cycle through four stages, namely: planning, implementation, observation and reflection. Data collection techniques in this study used observation sheets and test sheets. The data analysis technique used is descriptive statistics. The results of data analysis in research relating to the activities of teachers, students, and student learning outcomes are (a). The results of the average value of teacher activity in the first cycle is 3.00, in the second cycle is 3.61 and in the third cycle is 4.53. (b). The results of the average value of student activity in the first cycle is 2.50, in the second cycle is 3.37 and in the third cycle is 4.50. (c). Student learning outcomes in the first cycle obtained an average value of 68 with the percentage of classical completeness was 46%, in the second cycle the average value of 73 with the percentage of classical completeness was 71.42%, and in the third cycle the average value was 86 with the percentage of classical completeness is 85.71%. From the data analysis of each cycle, it can be concluded that the application of a realistic mathematical approach can increase teacher and student activities and can improve student learning outcomes in multiplication material in class III A SDN 5 Banda Aceh.
PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PERKALIAN DI KELAS III SD NEGERI TANGSI LAMA (NIDA AZZAHRA, 2021)
PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI FPB DI KELAS IV SDN LAMPEUNEURUT ACEH BESAR (NURI MAGHFIRAH, 2021)
EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI PENGURANGAN DI KELAS II SD SIBREH ACEH BESAR (Maulyati, 2021)
PENGARUH PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA MATERI BILANGAN DESIMAL DI KELAS IV SD NEGERI 4 SIGLI KAB. PIDIE. (Arini septia ningsih, 2023)
PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Sarniyati Yusmanita, 2017)