HUBUNGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DAN EFIKASI RNDIRI DENGAN PERILAKU PLAGIARISME PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN PROKRASTINASI AKADEMIK DAN EFIKASI RNDIRI DENGAN PERILAKU PLAGIARISME PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI RNUNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

Safinatunnajah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mirza Desfandi - 198212132010121001 - Dosen Pembimbing I
Ruliani - 198905292017032101 - Dosen Pembimbing II
Daska Azis - 197701012006041003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806101040052

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Plagiarisme merupakan mengambil karya atau pendapat orang lain dan menjadikan hasil pemikiran tersebut atas nama dirinya sendiri. Mahasiswa seringkali menempuh cara yang tidak baik atau bahkan menyimpang untuk mencapai keberhasilan dibidang akademik. Dimana mahasiswa cenderungan untuk menunda dalam mengerjakan tugas perkuliahan dan menyalin informasi dari karya ilmiah orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik dan efikasi diri dengan perilaku plagiarisme pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Syiah Kuala. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Adapun populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Syiah Kuala angkatan 2017 dan 2018 yang berjumlah 97 orang. Sampel yang diambil yaitu semua anggota populasi yaitu 97 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu angket. Teknik analisis data menggunakan regresi ganda, korelasi ganda, koefisien determinasi, dan uji signifikansi. Berdasarkan hasil analisis statistik diketahui bahwa hubungan antara prokrastinasi akademik dan efikasi diri dengan perilaku plagiarisme diperoleh persamaan regresi ganda Y= 0,43+0,43X1+0,49 X2 dapat diartikan kedua variabel bebas memberikan pengaruh positif terhadap variabel terikat. Koefisien korelasi prokrastinasi akademik dengan perilaku plagiarisme sebesar 0,19 (sangat lemah), nilai koefisien korelasi efikasi diri dengan perillaku plagiarisme 0,05 (sangat lemah), korelasi prokrastinasi akademik dan efikasi diri dengan perilaku plagiarisme sebesar 0,19 (sangat lemah), korelasi prokrastinasi akademik dengan efikasi diri 0,12 (sangat lemah), dan koefisien determinasi (R2) = 3,6%. Hasil uji signifikansi menunjukkan Fhitung (1,8) < Ftabel (3,09) pada taraf signifikansi 5% sehingga terima H0 artinya tidak terdapat hubungan yang signifikan antara prokrastinasi akademik dan efikasi diri dengan perilaku plagiarisme pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Syiah Kuala.
Kata kunci: Hubungan, Prokrastinasi Akademik, Efikasi Diri, Perilaku Plagiarisme

Plagiarism is taking the work or opinions of others and making the results of those thoughts on their own behalf. Students often take bad or even deviant ways to achieve success in academics. Where students tend to delay in doing lectures and copy information from other people's scientific works. This study aims to determine whether there is a significant relationship between academic procrastination and self-efficacy with plagiarism behavior in students of the Department of Geography Education, Syiah Kuala University. The approach used is a quantitative approach with the type of correlation research. The population in this study were all students of the Department of Geography Education at Syiah Kuala University class of 2017 and 2018 which amounted to 97 people. The samples taken were all members of the population, namely 97 respondents. The sampling technique is saturated sampling. The data collection technique used in this research is a questionnaire. The data analysis technique used multiple regression, multiple correlation, coefficient of determination, and significance test. Based on the results of statistical analysis, it is known that the relationship between academic procrastination and self-efficacy with plagiarism behavior is obtained by the multiple regression equation Y= 0.43+0.43X1+0.49 X2, which means that the two independent variables have a positive influence on the dependent variable. The correlation coefficient between academic procrastination and plagiarism is 0.19 (very weak), the correlation coefficient between self-efficacy and plagiarism is 0.05 (very weak), the correlation between academic procrastination and self-efficacy with plagiarism is 0.19 (very weak), academic procrastination correlation with self-efficacy 0.12 (very weak), and the coefficient of determination (R2) = 3.6%. The results of the significance test show Fcount (1.8) < Ftable (3.09) at a significance level of 5% so that accepting H0 means that there is no significant relationship between academic procrastination and self-efficacy with plagiarism behavior in students of the Department of Geography Education, Syiah Kuala University. Keywords: Relationship, Academic Procrastination, Self-Efficacy, Plagiarism Behavior

Citation



    SERVICES DESK