HUBUNGAN KEBUTUHAN KOGNISI DAN AFEK SISWA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERKONTEKS KEBENCANAAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

HUBUNGAN KEBUTUHAN KOGNISI DAN AFEK SISWA DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERKONTEKS KEBENCANAAN


Pengarang

Fahlida Harnita - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Rahmah Johar - 197011171998032002 - Dosen Pembimbing I
Rina Suryani Oktari - 198310122014042001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

2006203020003

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Program Study Magister Pendidikan Matematika FKIP Unsyiah., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang hendaknya dimiliki siswa. Salah satu masalah kontekstual yang perlu dipecahkan oleh siswa serta sesuai dengan kondisi geografis Kota Banda Aceh yaitu masalah kebencanaan. Kegiatan pemecahan masalah matematis berkonteks kebencanaan berkaitan dengan kebutuhan kognisi (need for cognition) dan afek (affect) siswa. Namun, penelitian yang mengkaji hubungan kebutuhan kognisi dan afek dengan kemampuan pemecahan masalah matematis berkonteks kebencanaan masih terbatas. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis berkonteks kebencanaan berdasarkan tingkat kelas dan lokasi sekolah. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengkaji hubungan antara kebutuhan kognisi dengan kemampuan pemecahan masalah matematis berkonteks kebencanaan, hubungan antara afek dengan kemampuan pemecahan masalah matematis berkonteks kebencanaan, serta hubungan antara kebutuhan kognisi dan afek secara bersama dengan kemampuan pemecahan masalah matematis berkonteks kebencanaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis correlational designs tipe prediction research design. Sebanyak 381 siswa dipilih dengan teknik cluster sampling dari populasi siswa SMP Negeri di Kota Banda Aceh. Instrumen yang digunakan berupa angket kebutuhan kognisi, angket afek dan soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis berkonteks kebencanaan. Hasil uji one-way anova menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan pemecahan masalah matematis berkonteks kebencanaan berdasarkan tingkat kelas dan lokasi sekolah. Hasil uji korelasi sederhana, uji korelasi parsial dan uji regresi linier menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara kebutuhan kognisi atau afek dengan kemampuan pemecahan masalah matematis berkonteks kebencanaan. Hasil uji korelasi dan regresi ganda serta analisis jalur menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara kebutuhan kognisi dan afek secara bersama dengan kemampuan pemecahan masalah matematis berkonteks kebencanaan. Oleh karena itu, guru diharapkan lebih memerhatikan tingkat kebutuhan kognisi dan afek siswa selama memecahkan masalah serta memperbanyak soal pemecahan masalah dengan berbagai konteks terutama soal matematika dengan konteks bencana.

Mathematical problem solving ability is one of the abilities that students should have. One of the contextual problems that need to be solved by students and according to the geographical conditions of Banda Aceh City is the problem of disaster. Mathematical problem solving activities in the context of disaster are related to students' need for cognition and affect. However, research that examines the relationship between cognitive and affective needs with the ability to solve mathematical problems in the context of a disaster is still limited. The purpose of this study was to examine differences in the ability to solve mathematical problems in the context of a disaster based on grade level and school location. This study also aims to examine the relationship between cognitive needs and the ability to solve mathematical problems in the context of a disaster, the relationship between affect and the ability to solve mathematical problems in the context of a disaster, and the relationship between cognitive and affective needs together with the ability to solve mathematical problems in the context of a disaster. This study uses a quantitative approach with the type of correlational designs, the type of prediction research design. A total of 381 students were selected using a cluster sampling technique from a population of public junior high school students in Banda Aceh City. The instruments used in the form of a cognitive needs questionnaire, an affective questionnaire and a mathematical problem solving ability test in the context of a disaster. The results of the one-way ANOVA test show that there are significant differences in the ability to solve mathematical problems in the context of a disaster based on grade level and school location. The results of the simple correlation test, partial correlation test and linear regression test showed a significant positive relationship between the need for cognition or affect with the ability to solve mathematical problems in the context of disaster. The results of correlation and multiple regression tests as well as path analysis showed a significant positive relationship between cognitive and affective needs together with the ability to solve mathematical problems in the context of disaster. Therefore, teachers are expected to pay more attention to the level of students' cognitive and affective needs while solving problems and to increase problem solving problems with various contexts, especially math problems with disaster contexts.

Citation



    SERVICES DESK