Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR BERBANTUAN MEDIA PAPAN LABIRIN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
Rahmatillah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Zulfan - 196107081989101001 - Dosen Pembimbing I
Teuku Kusnafizal - 196601181992031002 - Dosen Pembimbing II
Nurasiah - 197612312005012002 - Penguji
Sufandi Iswanto - 198905142019031008 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1706101020006
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Rahmatillah (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala
Bernomor Terstruktur Berbantuan Media Papan Labirin Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Darussalam Kabupaten
Aceh Besar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur berbantuan media papan
labirin pada pembelajaran sejarah dan apakah model pembelajaran kooperatif tipe
kepala bernomor terstruktur berbantuan media papan labirin dapat meningkatkan
prestasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Darussalam. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik
pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Subjek dari
penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPS yang berjumlah 12 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa (1) penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur berbantuan media
papan labirin telah terlaksana dengan baik sesuai dengan sintak model dan media
pembelajaran dan berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa, (2) Peningkatan
prestasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Darussalam setelah
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur
berbantuan media papan labirin sangat meningkat, terlihat dari nilai rata-rata yang
diperoleh siswa ketika UAS yaitu 77,4 dan nilai rata-rata setelah penerapan yaitu
85,4.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Terstruktur,
Media Papan Labirin, Prestasi Belajar
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASJ BELAJAR SISWA KELAS VILL-2 SMP NEGERI 1 KUALA SIMPANG (Sakdiah, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MEDIA PAPAN BULETI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KUTA BARO (Hadawiyah Husni, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (M. Firman Irha, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA LUDO DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR (Putri Rahmadani Desky, 2022)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA DISPLAY INQUIRY ENVELOPE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMAN 1 SAMALANGA (SYAIRA ANATAYA, 2023)