PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR BERBANTUAN MEDIA PAPAN LABIRIN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR TERSTRUKTUR BERBANTUAN MEDIA PAPAN LABIRIN UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 DARUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Rahmatillah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Zulfan - 196107081989101001 - Dosen Pembimbing I
Teuku Kusnafizal - 196601181992031002 - Dosen Pembimbing II
Nurasiah - 197612312005012002 - Penguji
Sufandi Iswanto - 198905142019031008 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706101020006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Rahmatillah (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala
Bernomor Terstruktur Berbantuan Media Papan Labirin Untuk Meningkatkan
Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Darussalam Kabupaten
Aceh Besar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur berbantuan media papan
labirin pada pembelajaran sejarah dan apakah model pembelajaran kooperatif tipe
kepala bernomor terstruktur berbantuan media papan labirin dapat meningkatkan
prestasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Darussalam. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik
pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Subjek dari
penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPS yang berjumlah 12 orang. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa (1) penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur berbantuan media
papan labirin telah terlaksana dengan baik sesuai dengan sintak model dan media
pembelajaran dan berhasil meningkatkan prestasi belajar siswa, (2) Peningkatan
prestasi belajar sejarah siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Darussalam setelah
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor terstruktur
berbantuan media papan labirin sangat meningkat, terlihat dari nilai rata-rata yang
diperoleh siswa ketika UAS yaitu 77,4 dan nilai rata-rata setelah penerapan yaitu
85,4.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Terstruktur,
Media Papan Labirin, Prestasi Belajar

Citation



    SERVICES DESK