PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PEER LED TEAM LEARNING PADA MATERI SISTEM PERADILAN DI INDONESIA DI SMAN 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PEER LED TEAM LEARNING PADA MATERI SISTEM PERADILAN DI INDONESIA DI SMAN 3 KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN


Pengarang

YULI NURLIZA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muhammad Yunus - 197203102005011001 - Dosen Pembimbing I
Sanusi - 197304141998021001 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1806101010027

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Abstrak
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis respon peserta didik terhadap kemudahan belajar menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran PLTL dan juga menganalisis ketuntasan hasil belajar peserta didik menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran PLTL yang dikembangkan pada materi sistem peradilan diIndonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan model ADDIE dan menggunakan teknik deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Uji validasi dilakukan oleh dua orang validator ahli dan uji coba produk dilakukan dengan cara uji coba lapangan dengan subjek 28 peserta didik yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan data validasi, data angket respon peserta didik dan data ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase validasi diperoleh 88,9% dengan kriteria “Sangat Valid”, hasil respon 9,22% peserta didik “Sangat Setuju” dan 86,30% peserta didik “Setuju”, hasil ketuntasan belajar peserta didik dalam menggunakan LKPD mendapatkan rata-rata 83,17% dengan jumlah peserta didik tuntas 100%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya rasa ketertarikan dan kemudahan dalam belajar dari peserta didik dengan menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran PLTL pada materi sistem peradilan di Indonesia dalam proses pembelajaran. Ketuntasan hasil belajar peserta didik menggunakan LKPD berbasis model pembelajaran PLTL pada materi sistem peradilan di Indonesia semua tuntas atau diatas KKM.

Abstract This study aims to describe and analyze student’s responses to the ease of learning using LKPD based on the PLTL learning model and also to analyze the completeness of student learning outcomes using LKPD based on the PLTL learning model which was developed on the material of the justice system in Indonesia. this study uses a type of R&D Research with the ADDIE model and uses a descriptive technique with a qualitative approach. The validation test was carried out by two expert validators and the product trial was carried out by means of field trials with 28 students as subjects taken by purposive sampling technique. The data analysis technique uses validation data, student response questionnaire data and complete learning outcomes data. The results showed that the percentage of validation obtained was 88,9% with the criteria “very Valid”. The results of responses were 9,22% student “strongly agree” and 86,30% students “agree”, the results of students learning completeness in using LKPD get an average of 83,175 with the number of students completed 100%. The conclusion of this study is that there is a sense of interest and ease in learning from students by using LKPD based the PLTL learning model on the material of the justice system in Indonesia in the learning process the completeness of student learning outcomes using LKPD based on the PLTL learning model on the material of the justice system in Indonesia is All Complete or above the KKM

Citation



    SERVICES DESK