KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS PADA MATERI ALJABAR DI SMPN 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL TIMSS PADA MATERI ALJABAR DI SMPN 8 BANDA ACEH


Pengarang

RAHIL MASTURAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Tuti Zubaidah - 196805271994032001 - Dosen Pembimbing I
Cut Khairunnisak - 198411272015042003 - Dosen Pembimbing II
Ellianti - 196510301990022002 - Penguji
Anwar - 196603221991021001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103020062

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan matematis adalah suatu kemampuan pengetahuan dan keterampilan siswa dalam menghadapi permasalahan pada matematika. Salah satu caranya menggunakan TIMSS. TIMSS kepanjangan dari Trends in International Mathematics and Science Study. TIMSS merupakan penilaian internasional untuk mengukur kemampuan pada matematika dan IPA. Salah satu upaya dalam pembelajaran matematika mencoba menguji soal TIMSS di sekolah untuk memanfaatkan soal-soal non rutin seperti soal TIMSS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS pada materi aljabar kelas VIII di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 8 Banda Aceh. Dari populasi tersebut kelas VIII-1 menjadi sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes TIMSS tentang aljabar yang terdiri dari 6 soal uraian. Teknik Analisis data menggunakan Uji t. Berdasarkan analisi data diperoleh thitung < t(0,95)(323) yaitu -3, 28 < 1,71 maka H0 diterima, dengan demikian H1 ditolak pada tarif signifikan α = 0,05. Dengan demikian, siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS pada materi aljabar belum mencapai KKM. Hal ini juga didukung oleh kategori kemampuan siswa yang menunjukkan jumlah siswa paling banyak mendapat nilai pada interval nilai 56 – 66 yang dikategorikan kemampuan sedang. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa dalam menyelesaikan soal TIMSS pada materi aljabar belum mencapai KKM sehingga kemampuan siswa kelas VIII-1 di SMP Negeri 8 Banda Aceh pada umumnya berada pada kategori sedang. Jika kemampuan siswa rendah dalam menyelesaikan soal TIMSS pada materi aljabar maka guru harus sering memberikan soal tes non rutin seperti soal TIMSS ketika pembelajaran berlangsung.

Mathematical ability is an ability of students' knowledge and skills in dealing with problems in mathematics. One way is to use TIMSS. TIMSS stands for Trends in International Mathematics and Science Study. TIMSS is an international assessment to measure ability in mathematics and science. One of the efforts in learning mathematics is trying to test TIMSS questions at school to take advantage of non-routine questions such as TIMSS questions. The purpose of this study was to determine the ability of students in solving TIMSS questions in the VIII grade algebra material at SMP Negeri 8 Banda Aceh. The approach used in this research is quantitative with descriptive research type. The population in this study were all eighth grade students at SMPN 8 Banda Aceh. From the population, class VIII-1 became the sample in this study, which amounted to 24 students. The data collection technique used TIMSS test questions on algebra which consisted of 6 description questions. Data analysis technique using t test. Based on the data analysis, it is obtained that tcount < t(0.95)(323) which is -3.28

Citation



    SERVICES DESK