Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ELEKTRONIK MELALUI SISTEM DROPSHIP (Suatu Penelitian di Kota Banda Aceh)
Pengarang
SYUHADA AKHBAR - Personal Name;
Dosen Pembimbing
T. Haflisyah - 196709081994021001 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1803101010117
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
343.07
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Abstrak - Penelitian ini bertujuan menjelaskan pertanggungjawaban yang diberikan oleh pelaku usaha kepada
konsumen, faktor yang menyebabkan pelaku usaha tidak memenuhi kewajibannya kepada konsumen, dan
menjelaskan bagaimana perlindungan konsumen dalam transaksi jual beli elektronik melalui sistem dropship dan
bagaimana pertanggungjawaban dropshipper dan distributor kepada konsumen yang mengalami kerugian atas
wanprestasi yang dilakukan oleh pelaku usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertanggungjawaban yang
diberikan oleh pelaku usaha adalah memberikan apa yang menjadi hak konsumen terhadap barang yang tidak
sesuai berdasarkan informasi yang telah diberikan. Penyebab pelaku usaha wanprestasi karena kurangnya
kesadaran hukum dan pemahaman dari pelaku usaha mengenai hak-hak konsumen. Upaya yang dapat dilakukan
oleh konsumen adalah melaporkan pengaduan kepada pihak Yayasan Perlindungan Konsumen, apabila upaya
tersebut tidak berhasil, maka konsumen dapat menyelesaikan sengketa melalui proses non-litigasi atau litigasi.
Disarankan kepada pelaku usaha agar adil dan memiliki kesadaran hukum dan pemahaman pemenuhan terhadap
hak-hak konsumen. Kepada konsumen agar lebih aktif dalam memperjuangkan hak-haknya dan harus lebih
berhati-hati dalam membeli atau deal order.
Abstract - This study aims to explain the responsibilities given by business actors to consumers, the factors that cause business actors not to fulfill their obligations to consumers, and explain how consumer protection in electronic buying and selling transactions through the dropship system, and how the responsibility of drop shippers and distributors to consumers who experience losses due to default carried out by entrepreneurs. The results of the study indicate that the responsibility given by business actors is to give what is the right of consumers to goods that are not appropriate based on the information that has been provided. The cause of business actors defaulting is due to lack of legal awareness and understanding of business actors regarding consumer rights. Efforts that can be made by consumers are to report complaints to the Consumer Protection Foundation, if these efforts are not successful, then consumers can resolve disputes through non-litigation or litigation processes. It is recommended for business actors to be fair and have legal awareness and understanding of the fulfillment of consumer rights. Consumers to be more active in fighting for their rights and to be more careful in buying or dealing with orders
PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI HANDPHONE EKS- INTERNASIONAL MELALUI E-COMMERCE (Muhammad Attar Akhwam, 2024)
PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI ELEKTRONIK MELALUI SISTEM DROPSHIP
(SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (SYUHADA AKHBAR, 2022)
PERLINDUNGAN KONSUMEN ATAS KESALAHAN PENGIRIMAN BARANG DALAM TRANSAKSI RNJUAL BELI ONLINE PADA LAZADA (CUT NYAK SALSABILA, 2022)
PERLINDUNGAN HUKUM SERTA TANGGUNG JAWAB BAGI PARA PIHAK DALAM PERJANJIAN JUAL BELI BARANG SECARA E-COMMERCE (Desy Ary Setyawati, 2017)
WANPRESTASI KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL-BELI MELALUI MARKETPLACE SHOPEE DI KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD FATHUR RAHIM, 2023)