Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN JASA PENGIRIMAN TERHADAP WANPRESTASI RUSAKNYA BARANG (SUATU PENELITIAN DI PT GLOBAL JET EXPRESS/J&T EXPRESS BANDA ACEH)
Pengarang
CUT FAZIA JUNINA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Eka Kurniasari - 197105152003122002 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1803101010311
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : FakultasHukum., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Berdasarkan Pasal 193 ayat (1) Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dijelaskan bahwa perusahaan angkutan umum bertanggung jawab atas kerugian yang diderita oleh pengirim barang karena barang musnah, hilang atau rusak akibat penyelenggaraan pengangkutan kecuali akibat suatu kejadian yang tidak dapat dicegah. UU tersebut sudah mengatur secara jelas tentang peraturan tanggung jawab ekspedisi terhadap kerusakan barang milik konsumen, namun peristiwa kerusakan barang pada masa pengiriman masih terjadi dan tidak ada tanggungjawab yang diberikan oleh pihak ekspedisi. Salah satu perusahaan pengiriman yang menjadi objek dalam peristiwa ini adalah PT Global Jet Express atau J&T Express di wilayah Kota Banda Aceh. Penulisan jurnal ini bertujuan untuk menjelaskan faktor penyebab terjadinya kerusakan barang barang konsumen pada saat pengiriman, tanggung jawab PT Global Jet Express (J&T Express) atas rusaknya barang konsumen pada saat pengiriman dan upaya penyelesaian yang ditempuh oleh konsumen terhadap wanprestasi yang dilakukan oleh PT Global Jet Express (J&T Express). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Faktor penyebab terjadinya kerusakan barang konsumen pada saat pengiriman adalah Faktor Kelalaian Kurir yang disebabkan oleh beberapa kendala yang dialami oleh penyelenggara ekspedisi barang J&T Express melalui jalur darat. Selanjutnya Faktor Kemasan Barang (Packaging) yang kurang bagus sehingga menyebabkan barang tersebut berisiko rusak. Tanggung jawab PT Global Jet Express (J&T Express) Atas Rusaknya Barang Konsumen Pada Saat Pengiriman adalah dengan mengganti 10 kali biaya pengiriman barang dan tidak melampaui biaya Rp2.000.000,00 (dua juta rupiah). Upaya penyelesaian yang ditempuh oleh konsumen terhadap wanprestasi yang dilakukan oleh PT Global Jet Express (J&T Express) adalah menggunakan jalur negosiasi dengan melakukan komunikasi kepada konsumen sehingga menghindari dibawanya kasus tersebut ke jalur hukum. Disarankan kepada pihak PT J&T Express Kota Banda Aceh agar dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat Indonesia hendaknya ketika pengirim ingin mengirim paket dan disarankan kepada konsumen untuk memeriksa keamanan paket pengiriman dan menerima jasa packaging kepada pihak J&T Kota Banda Aceh guna mengurangi resiko kerusakan barang pada saat proses pengiriman.
Based on Article 193 paragraph (1) of Law Number 22 of 2009 concerning Road Traffic and Transportation, it is explained that public transportation companies are responsible for losses suffered by the sender of goods because the goods are destroyed, lost or damaged as a result of the transportation operation, except as a result of an unforeseen event. can be prevented. The Law has clearly regulated the regulation of expedition responsibility for damage to consumer goods, but the event of damage to goods during delivery still occurs and there is no responsibility given by the expedition. One of the shipping companies that became the object of this incident was PT Global Jet Express or J&T Express in the Banda Aceh City area. Writing this journal aims to explain the factors that cause damage to consumer goods at the time of delivery, the responsibility of PT Global Jet Express (J&T Express) for damage to consumer goods during delivery and the settlement efforts taken by consumers against defaults made by PT Global Jet Express. (J&T Express).The results of this study indicate that the factor causing damage to consumer goods at the time of delivery is the Courier Negligence Factor caused by several obstacles experienced by the organizers of J&T Express goods expeditions by land. Furthermore, the Factors of Goods Packaging (Packaging) are not good, causing the goods to be at risk of being damaged. The responsibility of PT Global Jet Express (J&T Express) for Damage to Consumer Goods During Delivery is to replace 10 times the cost of shipping the goods and not exceed the cost of Rp. 2,000,000.00 (two million rupiah).The settlement effort taken by consumers against defaults carried out by PT Global Jet Express (J&T Express) is to use the negotiation route by communicating with consumers so as to avoid taking the case to legal domain.It is recommended to PT J&T Express Banda Aceh City that in increasing the trust of the Indonesian people when the sender wants to send a package and it is recommended to consumers to check the security of the delivery package and receive packaging services to J&T Banda Aceh City in order to reduce the risk of damage to goods during the delivery process.
PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP KETERLAMBATAN PENGIRIMAN BARANG OLEH PT.GLOBAL JET EXPRESS (J&T EXPRESS) CABANG BANDA ACEH PADA TRANSAKSI JUAL BELI SECARA ONLINE (STUDI PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (AMMAR IHSAN, 2023)
PERTANGGUNGJAWABAN PERUSAHAAN LOGISTIK ATAS KERUGIAN PENGGUNA JASA AKIBAT TERBAKARNYA TRUK PENGANGKUT (SUATU PENELITIAN PADA PT. SEULAWAH CARGO EXPRESS DI BANDA ACEH) (ADE MEUTHIA FADHILAH PASE, 2024)
PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP PENERAPAN KLAUSULA BAKU PADA PERJANJIAN PENGIRIMAN BARANG DI CV. PERDANA EXPRESS (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH) (DWIYANTI, 2023)
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA PENGIRIMAN TIKI BANDA ACEH SELAMA PANDEMI DENGAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (FATIMAH AZZAHRA, 2022)
PENGARUH KUALITAS LAYANAN JASA LOGISTIK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING (STUDI KASUS : JNE EXPRESS BANDA ACEH) (Sarmila Putri, 2018)