PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASILRNBELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIKLUSRNAIR DI KELAS V SD NEGERI 1 CALANG RNKABUPATEN ACEH JAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASILRNBELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIKLUSRNAIR DI KELAS V SD NEGERI 1 CALANG RNKABUPATEN ACEH JAYA


Pengarang

NOVA REFINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Dosen Pembimbing I
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Dosen Pembimbing II
Israwati - 195908261987032002 - Penguji
Suci Fitriani - 198701052019032008 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104040050

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Nova Refina (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 1 Calang Kabupaten Aceh Jaya.

Dalam pembelajaran IPA membutuhkan proses penemuan konsep untuk
peningkatan pemahaman isi pelajaran, guru dapat menggunakan media pembelajaran
yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap hasil belajar peserta
didik pada materi siklus air di kelas V SD Negeri 1 Calang Kabupaten Aceh Jaya.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen
dengan model One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Calang Kabupaten Aceh Jaya yang
berjumlah 21 orang dikarenakan populasi kurang dari 30 orang, maka seluruh populasi
dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan instrumen tes. Tes meliputi pretest dan posttest yang berbentuk soal
pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Untuk melihat adanya perbedaan hasil belajar
peserta didik antara nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan media audio visual
dengan nilai rata-rata posttest setelah menggunakan media audio visual digunakan ujit
pada
taraf
signifikansi
0,05,
setelah
prasyarat
pengujian
terpenuhi
dengan
bantuan

program

komputer SPSS statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui
bahwa 1) Pengaruh yang signifikan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1
Calang Kabupaten Aceh Jaya dengan menggunakan media audio visual pada materi
siklus air; 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata
pretest dan posttest, penggunaan media audio visual dalam pembelajaran materi siklus
air terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik menjadi lebih efektif.

Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar, Materi Siklus Air


Citation



    SERVICES DESK