Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASILRNBELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SIKLUSRNAIR DI KELAS V SD NEGERI 1 CALANG RNKABUPATEN ACEH JAYA
Pengarang
NOVA REFINA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Alfiati Syafrina - 195709111985032007 - Dosen Pembimbing I
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Dosen Pembimbing II
Israwati - 195908261987032002 - Penguji
Suci Fitriani - 198701052019032008 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1806104040050
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas FKIP., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Nova Refina (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik pada Materi Siklus Air di Kelas V SD Negeri 1 Calang Kabupaten Aceh Jaya.
Dalam pembelajaran IPA membutuhkan proses penemuan konsep untuk
peningkatan pemahaman isi pelajaran, guru dapat menggunakan media pembelajaran
yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh yang signifikan media audio visual terhadap hasil belajar peserta
didik pada materi siklus air di kelas V SD Negeri 1 Calang Kabupaten Aceh Jaya.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis eksperimen
dengan model One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 1 Calang Kabupaten Aceh Jaya yang
berjumlah 21 orang dikarenakan populasi kurang dari 30 orang, maka seluruh populasi
dijadikan sampel dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan instrumen tes. Tes meliputi pretest dan posttest yang berbentuk soal
pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Untuk melihat adanya perbedaan hasil belajar
peserta didik antara nilai rata-rata pretest sebelum menggunakan media audio visual
dengan nilai rata-rata posttest setelah menggunakan media audio visual digunakan ujit
pada
taraf
signifikansi
0,05,
setelah
prasyarat
pengujian
terpenuhi
dengan
bantuan
program
komputer SPSS statistics versi 25. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui
bahwa 1) Pengaruh yang signifikan hasil belajar peserta didik kelas V SD Negeri 1
Calang Kabupaten Aceh Jaya dengan menggunakan media audio visual pada materi
siklus air; 2) Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai rata-rata
pretest dan posttest, penggunaan media audio visual dalam pembelajaran materi siklus
air terbukti dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik menjadi lebih efektif.
Kata Kunci: Media Audio Visual, Hasil Belajar, Materi Siklus Air
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 8 DAN SUBTEMA 1 KELAS III SD NEGERI PANTE KAREUNG ACEH BESAR (Agus Mauliza, 2020)
PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL BERBASIS POWTOON PADA PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS IV SD NEGERI 51 BANDA ACEH (FEMMY AULIA DAMAYANTI MARPAUNG, 2021)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Sumarniati Desky, 2019)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS V DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Devi Susandi, 2018)
KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL RNPADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI LAMKLATRNACEH BESAR (CUT KHAIRATUN NISA, 2022)