PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MAN I BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI MAN I BANDA ACEH


Pengarang

SYIFA SHARA SALSABILA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Asiah - 196704031991022001 - Dosen Pembimbing I
Cut Nurmaliah - 196103171986032001 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103010056

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Model pembelajaran Problem Based Learning adalah proses pembelajaran yang memiliki ciri-ciri pembelajaran dimulai dengan pemberian masalah yang memiliki konteks dengan dunia nyata, merumuskan masalah, mengidentifikasi, mempelajari dan mencari sendiri materi yang terkait dengan masalah dan solusi dari masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning di MAN 1 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan desain pre test post test control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI di MAN 1 Banda Aceh yang berjumlah 200 peserta didik. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel pada penelitian adalah kelas XI IPA 4 dan XI IPA 6 yang berjumlah 70 peserta didik. Parameter penelitian adalah hasil belajar yang diukur menggunakan melalui pre test dan post test. Hasil analisis data diperoleh nilai N-Gain hasil belajar kognitif pada kelas eksperimen adalah 0,9 sedangkan kelas kontrol 0,6. Simpulan penelitian bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan penerapan Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem Ekskresi di MAN 1 Banda Aceh.

Problem Based Learning learning model is a learning process that has learning characteristics starting with presenting problems that have context with the real world, formulating problems, identifying, studying and finding their own material related to problems and solutions to these problems. The purpose of the study was to determine the increase in student learning outcomes in the human excretory system by applying the Problem Based Learning learning model at MAN 1 Banda Aceh. This study uses an experimental method with a Quasi Experimental Design type of research with a pre test post test control group design. The research population was all students of class XI at MAN 1 Banda Aceh which accommodated 200 students. sample using purposive sampling. The sample in this study was class XI IPA 4 and XI IPA 6 which involved 70 students. Research parameters are learning outcomes measured using pre-test and post-test. The results of data analysis obtained that the N-Gain value of cognitive learning outcomes in the experimental class was 0.9 while the control class was 0.6. The conclusion of the study is that there is an increase in student learning outcomes by applying Problem Based Learning (PBL) to the Excretion system material at MAN 1 Banda Aceh.

Citation



    SERVICES DESK