DETERMINAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA PELAKU USAHA DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

DETERMINAN LITERASI KEUANGAN SYARIAH PADA PELAKU USAHA DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

IRSALUL GIBRAN - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Eddy Gunawan - 197607252006041001 - Dosen Pembimbing I
Nurma Sari - 198907182015042002 - Penguji
Teuku Muhammad Syahrizal - 199004172019031013 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1701104010064

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

657.7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh usia, pendapatan dan pemasaran terhadap literasi keuangan syariah pada Pelaku Usaha di Kota Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer dan di analisis dengan regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha di kota Banda Aceh dengan sampel sebanyak 100 responden yang di ambil dengan menggunakan Teknik Probability Sampling.. Hasil menunjukkan bahwa variabel Usia dan pemasaran secara parsial berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan syariah pada Pelaku Usaha di Kota Banda Aceh. Sedangkan variabel Pendapatan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan syariah pada Pelaku Usaha di Kota Banda Aceh. Variabel usia dan pendapatan memiliki hubungan positif terhadap literasi keuangan syariah pada Pelaku Usaha di Kota Banda Aceh yang berarti bahwa semakin tinggi pendapatan dan usia pelaku usaha maka semakin baik pula pengetahuan terhadap literasi keuangan syariah. Sedangkan variabel pemasaran memiliki hubungan negatif. Oleh karenanya diharapkan pemerintah dapat melakukan berbagai upaya seperti edukasi keuangan syariah dan pelatihan kepada pelaku usaha agar kedepannya tingkat literasi keuangan syariah pada pelaku usaha dapat meningkat.

Kata Kunci: usia, pendapatan, pemasaran, literasi keuangan syariah

ABSTRACT This study aims to examine and analyze the effect of age, income and marketing on Islamic financial literacy in business actors in Banda Aceh City. The variables in this study include age, income, marketing and Islamic financial literacy. This study uses a quantitative method in the form of a Likert scale questionnaire to business actors spread over nine (9) sub-districts in Banda Aceh City. The analytical tool used in this research is simple linear regression analysis. The results show that the variables of age and marketing partially have a significant effect on Islamic financial literacy in business actors in Banda Aceh City, with values of 0.000 and 0.028, respectively. While the income variable partially does not have a significant effect on Islamic financial literacy in business actors in Banda Aceh City. Age and income variables have a positive relationship to Islamic financial literacy in business actors in Banda Aceh City, which means that the higher the income and age of business actors, the better knowledge of sharia financial literacy. While the marketing variable has a negative relationship. The implication of this research is that the government should be aware of the low level of Islamic financial literacy in the city of Banda Aceh, so that in the future the government will have regulations to educate business actors in carrying out Islamic financial literacy. Keywords: age, income & marketing on Islamic financial literacy  

Citation



    SERVICES DESK