Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM JUAL BELI LAPTOP BUKAN BARU MELALUI INSTAGRAM (SUATU PENELITIAN DI KOTA BANDA ACEH)
Pengarang
ALTAF RUSJDY - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Syamsul Bahri - 197911152008121001 - Dosen Pembimbing I
Yanis Rinaldi - 196903111994031005 - Penguji
Rismawati - 196710091994032001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1703101010135
Fakultas & Prodi
Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
343.071
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pasal 4 angka (3) dan (4) Undang- Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen menyebutkan bahwa konsumen mempunyai hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa serta hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan. Namun dalam pelaksanaannya kondisi yang dilapangan terjadi terhadap jual beli barang bukan baru melalui instagram masih sering terjadi pelanggaran pelanggaran terhadap hak konsumen.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan perlindungan hukum bagi konsumen dalam jual beli laptop bukan baru melalui Instagram, pertanggungjawaban pelaku usaha terhadap konsumen yang mengalami kerugian dalam jual beli laptop bukan baru melalui Instagram, dan penyelesaian sengketa dalam hal terjadinya kerugian dalam jual beli laptop bukan baru melalui Instagram.
Penelitian skripsi ini menggunakan metode yuridis empiris, data dalam penulisan skripsi ini didapatkan dengan cara mengumpulkan data primer meliputi data penelitian lapangan dengan cara mewawancara responden dan informan, dan data sekunder meliputi Peraturan Perundang-undangan, tinjauan kepustakaan, dan karya ilmiah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pada pasal 4 huruf h konsumen berhak memperoleh kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian jika barang atau jasa yang diterima oleh konsumen tidak seperti yang diinginkan oleh konsumen tersebut serta tidak sesuai dengan perjanjian yang telah ditetapkan. Konsumen yang dirugikan akibat barang yang diterima dari penjual/pelaku usaha yang apabila barang tersebut cacat telah diatur dalam Pasal 1504 KUHPerdata. Penjual harus mempertanggungjawabkan barang dagangannya apabila barang yang dijual memiliki cacat yang tersembunyi dan tidak dapat digunakan lagi oleh konsumen atau membuat konsumen merasa dirugikan dengan barang tersebut. Dalam menyelesaikan sengketa kerugian dalam jual beli laptop bukan baru melalui Instagram di wilayah Kota Banda Aceh ini dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan jalur negosiasi, dan dengan cara mengganti rugi atas barang yang rusak atau barang yang tidak sesuai dengan perjanjian.
Disarankan kepada konsumen agar lebih memperhatikan spesifikasi laptop yang bukan baru dan segala persyaratan serta perjanjian yang ditetapkan oleh penjual, agar terhindar dari hal-hal yang merugikan.
Article 4 points (3) and (4) of Law No. 8 of 1999 concerning Consumer Protection states that consumers have the right to correct, clear and honest information regarding the conditions and guarantees of goods and/or services as well as the right to be heard and complaints about the goods and/or services used. However, in practice the conditions in the field that occur in the sale and purchase of non-new goods through Instagram are still frequent violations of consumer rights. The purpose of this study is to find out and explain legal protection for consumers in buying and selling non-new laptops through Instagram, the responsibility of business actors to consumers who experience losses in buying and selling non-new laptops through Instagram, and resolving disputes in the event of losses in buying and selling non-new laptops. via Instagram. This thesis research uses empirical juridical methods, the data in writing this thesis is obtained by collecting primary data including field research data by interviewing respondents and informants, and secondary data covering legislation, literature review, and scientific works. Based on the results of the study, it can be seen that in article 4 letter h the consumer is entitled to compensation, compensation and/or replacement if the goods or services received by the consumer are not as desired by the consumer and are not in accordance with the established agreement. Consumers who are harmed due to goods received from sellers/business actors if the goods are defective have been regulated in Article 1504 of the Civil Code. The seller must be responsible for his merchandise if the goods sold have hidden defects and cannot be used by consumers anymore or make consumers feel aggrieved by the goods. In resolving loss disputes in buying and selling non-new laptops through Instagram in the Banda Aceh City area, this can be done in two ways, namely by negotiation, and by compensating for damaged goods or goods that are not in accordance with the agreement. It is recommended to consumers to pay more attention to the specifications of laptops that are not new and all the terms and agreements set by the seller, in order to avoid things that are detrimental.
PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN RNDALAM JUAL BELI LAPTOP BUKAN BARU MELALUI E-COMMERCE TOKOPEDIA (MUHAMMAD YASIR AULIA, 2022)
PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM PERJANJIAN JUAL BELI ELEKTRONIK PADA TOKOPEDIA (Ray Agustin, 2022)
ANALISIS YURIDIS PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL-BELI PAKAIAN BEKAS IMPOR (T. MUHAMMAD YUNALDI, 2022)
PELAKSANAAN PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM TRANSAKSI JUAL BELI IPHONE BEKAS DI KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE (Resta Maulidya, 2024)
PERLINDUNGAN KONSUMEN DALAM JUAL BELI HANDPHONE EKS- INTERNASIONAL MELALUI E-COMMERCE (Muhammad Attar Akhwam, 2024)