Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MEDIA SOSIAL DAN BRAND AWARENESSRNTERHADAP KESADARAN BEDERMA MASYARAKATRNBANDA ACEH DI MEDIASI OLEH RELIGIUSITASRNPADA LEMBAGA AKSI CEPAT TANGGAP
Pengarang
TASYA NURFADILA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Eka Nulina 198903082019032021 - - - Dosen Pembimbing I
Nurma Sari - 198907182015042002 - Penguji
Teuku Muhammad Syahrizal - 199004172019031013 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1801104010055
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial dan
brand awareness terhadap kesadaran bederma dengan religiusitas sebagai variabel
mediasi. Adapun objek pada penelitian ini adalah lembaga kemanusian aksi cepat
tanggap. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel
yang digunakan sebanyak 100 responden masyarakat Kota Banda Aceh.
Pengujian hipotesis menggunakan teknik Path analysis dan uji sobel dengan
bantuan aplikasi SPSS. Bedasarkan hasil analisis dalam penelitian ini diperoleh
hasil bahwa media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap religiusitas,
brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap media social, media
sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran bederma, brand
awareness berpengaruh signifikan dan positif terhadap kesadaran bederma.
Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran bederma. Hasil
uji sobel pada pengaruh tidak langsung menunjukan bahwa media sosial tidak
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran bederma dengan
religiusitas sebagai variabel mediasi. Brand awareness memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap kesadaran bederma dengan relugiustas sebagai variabel
mediasi.
Kata Kunci: Media sosial, brand awareness, religiusitas, kesadaran
bederma, analisis jalur, uji sobel.
ABSTRACT This study aims to analyze the effect of social media and brand awareness on the awareness of charity with religiosity as a mediating variable. The data collection instrument used a questionnaire with a sample of 100 people in Banda Aceh City. Hypothesis testing using the Path analysis technique and the Sobel test with the help of the SPSS application. Based on the results of the analysis in this study, the results showed that social media had a positive and significant effect on religiosity. Brand awareness had a positive and significant effect on social media. Social media had a positive and significant effect on awareness of charity. Brand awareness had a significant and positive effect on awareness of charity. Religiosity has a positive and significant effect on awareness of charity. The results of the Sobel test on the indirect effect show that social media has no positive and significant effect on awareness of charity with religiosity as a mediating variable. Brand awareness has a positive and significant influence on awareness of charity, with religion as a mediating variable . Keywords: Brand awareness, charity awareness, path analysis, religiosity, sobel test, social media.
PENGARUH BRAND IMAGE, KUALITAS PELAYANAN DAN MEDIA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN BERDONASI PADA LEMBAGA AKSI CEPAT TANGGAP (ACT) KOTA BANDA ACEH (Nada Ulfa, 2020)
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI SARANA PENGGALANGAN DANA (FUNDRAISING) OLEH LEMBAGA AKSI CEPAT TANGGAP ACEH (GHAFFAR MAULANA, 2019)
PENGARUH SOSIAL MEDIA DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUSANA MUSLIM DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KOTA BANDA ACEH (Fira Harisa, 2023)
PENGARUH BRAND COMMUNICATION DAN BRAND IMAGE TERHADAP BRAND LOYALTY YANG DI MEDIASI OLEH BRAND TRUST PADA PRODUK SKINCARE SCARLETT DI BANDA ACEH (Novayanti Ramadani, 2025)
HAMBATAN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA (CARA BERITERAKSI ANTARA RELAWAN AKSI CEPAT TANGGAP DENGAN PENGUNGSI ROHINGYA) (UMI TAMALA, 2016)