TANGGUNG JAWAB PENJUAL KEPADA KONSUMEN TERHADAP KESALAHAN PENYERAHAN BARANG DALAM PERJANJIAN JUAL BELI (SUATU PENELITIAN DI MR.Q CLOTHING DAN BANDA FASHION KOTA BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

TANGGUNG JAWAB PENJUAL KEPADA KONSUMEN TERHADAP KESALAHAN PENYERAHAN BARANG DALAM PERJANJIAN JUAL BELI (SUATU PENELITIAN DI MR.Q CLOTHING DAN BANDA FASHION KOTA BANDA ACEH)


Pengarang

ALFIATUR RAHMI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Yusri - 196312171989031004 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1803101010144

Fakultas & Prodi

Fakultas Hukum / Ilmu Hukum (S1) / PDDIKTI : 74201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Hukum., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

343.071

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian bertujuan untuk menjelaskan, dan menganalisis bentuk dan isi perjajian jual beli online, faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan penyerahan barang, serta tanggung jawab penjual dalam kesalahan penyerahan barang. Hasil penelitian diketahui bahwa dalam perjanjian jual beli online Mr.Q Clothing dan Banda Fashion bentuk perjanjian yang digunakan yaitu lisan dengan isi perjanjian berupa penjual harus mengirim barang sesuai permintaan dan alamat yang tertera yang pada kenyataannya penjual melakukan kesalahan dalam penyerahan barang terhadap konsumen, faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut yaitu kesalahan manusia (Human Error) yang mana pihak penjual tidak memperhatikan secara seksama sehingga penjual dinyatakan lalai dalam melaksanakan kewajibannya, dan tanggung jawab yang dilakukan oleh pihak penjual yaitu memberikan ganti kerugian sebagaimana tertera dalam Pasal 4 ayat (8) Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen yaitu konsumen berhak mendapat penggantian barang sesuai dengan yang di pesan, serta menanggung biaya pengiriman. Disarankan kepada para pihak di masa yang akan datang apabila melaksanakan perjanjian jual beli online penjual melakukan perjanjian secara tertulis, memaksimalkan dalam kesiapan perangkat, konsumen menggunakan haknya dalam melakukan pengaduan kepada pihak berwenang apabila terjadi kesalahan, dan diharapkan kepada instansi terkait untuk dapat memberikan edukasi mengenai fungsi dari instansi tersebut.

This research aims to explicate, and analyze the form and content of online sale and purchase agreements, the causative factors behind the errors in the delivery of goods, and the seller's responsibility for the errors in delivery of goods. The results of this research showed that in the online sale and purchase agreement of Mr.Q Clothing and Banda Fashion, the form of utilized agreement is verbal with the contents of the agreement is in the form of the seller having to send the goods according to the request and the address listed which in fact the seller made an error in delivering the goods to the consumer, the causative factor on the occurrence of the error is a human error in which the seller does not being attentive enough so that the seller is declared negligent in carrying out his obligations, and the responsibility carried out by the seller is to provide compensation as stated in Article 4 paragraph (8) of the Act Number 8 of 1999 on Consumer Protection, namely the consumer has the right to get a replacement of the goods in accordance with the order, and bear the shipping costs. It is recommended to the parties in the future when carrying out an online sale and purchase agreement the seller makes a written agreement, maximizes the readiness of the device, consumers use their rights in making complaints to the authorities if an error occurs, and it is hoped that the relevant agencies can provide an education about the function from that agency.

Citation



    SERVICES DESK