KECEMASAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS XI MAN 2 ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KECEMASAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS XI MAN 2 ACEH BESAR


Pengarang

Ria Safitri - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Salasi R - 195707141984031003 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1806103020021

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP Matematika., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.302 81

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kecemasan yang dirasakan oleh siswa merupakan salah satu dari banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar. Siswa yang mengalami kecemasan yang masih tergolong rendah maka dapat berdampak konstruktif dan memotivasi siswa dalam mempelajari matematika, tetapi kecemasan yang tinggi cenderung membuat siswa tidak menyukai matematika dan menyebabkan hasil belajar yang rendah. Salah satu hasil belajar yang diperhatikan dalam pembelajaran matematika adalah pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kecemasan siswa dan mengetahui faktor penyebab kecemasan siswa dalam pemecahan masalah matematika di kelas XI MAN 2 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan jenis penelitian sequential explanatory. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 2 Aceh Besar sedangkan Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IA 1 MAN 2 Aceh Besar yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes pemecahan masalah matematika, angket kecemasan, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecemasan siswa dalam pemecahan masalah matematika di kelas XI MAN 2 Aceh Besar memiliki persentase tertinggi pada tingkat sedang yaitu sebanyak 34%. Adapun faktor yang menyebabkan kecemasan siswa dalam pemecahan masalah matematika diantaranya 1) persepsi siswa terhadap soal pemecahan masalah matematika, 2) kurangnya pengalaman siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematika disebabkan karena guru jarang memberikan contoh soal pemecahan masalah matematika kepada siswa, 3) rendahnya kepercayaan diri siswa, 4) kegiatan diluar jam sekolah tidak mendukung siswa untuk belajar, 5) lemahnya kemampuan siswa dalam berhitung dan siswa kurang memahami simbol matematika, 6) serta siswa kesulitan mengidentifikasi masalah pada soal pemecahan masalah matematika.

The anxiety felt by students is one of the many factors that affect learning outcomes. Students who experience anxiety that is still relatively low can have a constructive impact and motivate students in learning mathematics, but high anxiety tends to make students dislike mathematics and cause low learning outcomes. One of the learning outcomes that is considered in learning mathematics is problem solving. The purpose of this study was to determine student anxiety and determine the factors that cause student anxiety in solving math problems in class XI MAN 2 Aceh Besar. This research uses a mixed method with sequential explanatory. The population in this study were all students of class XI MAN 2 Aceh Besar while the sample of this study were students of class XI IA 1 MAN 2 Aceh Besar, totaling 29 students. Data collection techniques used in this study were in the form of mathematical problem solving tests, anxiety questionnaires, and interviews. The results showed that students' anxiety in solving math problems in class XI MAN 2 Aceh Besar had the highest percentage at the moderate level, which was 34%. The factors that cause students' anxiety in solving math problems include 1) students' perceptions of math problem solving problems, 2) students' lack of experience in solving math problem solving problems because teachers rarely give examples of math problem solving questions to students, 3) low self-confidence students, 4) activities outside school hours do not support students to learn, 5) students' weak ability to count and students do not understand mathematical symbols, 6) and students have difficulty identifying problems in solving math problems.

Citation



    SERVICES DESK