Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERSEPSI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2007RNBLOK 8 "KARDIOLOGI" DITINJAU DARI ASPEK UJIAN AKHIR BLOK DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Pengarang
Putra Syawal - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0607101050015
Fakultas & Prodi
Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2012
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Sistem pembelajaran pada fakultas kedokteran saat ini mengacu pada sistem Problem Based Learning (PBL) yang berdasarkan Kurikulum Inti Pendidikan Dokter Indonesia (KTPDI) Ill. Berbagai proses kegiatan belajar mengajar melalui metode PBL mencakup diskusi tutorial, belajar mandiri, kuliah pakar, praktikum, konsultasi pakar, pertemuan dengan pasien (patient encounter), dan diakhiri dengan ujian akhir atau yang sering disebut sebagai ujian blok, yaitu ujian yang terdiri dari beberapa kompetensi dasar dalam satu kali ujian. Seluruh proses kegiatan belajar mengajar tersebut bertujuan untuk mencapai prestasi belajar (nilai) yang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi beIajar mahasiswa angkatan 2007 pada blok 8 "Kardiologi" ditinjau dari aspek ujian akhir blok di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tehnik wawancara semiterstruktur menggunakan open-ended question dengan pedoman wawancara, Sam pel pada penelitian ini ditentukan dari kelompok responden yang memperoleh nilai B, C dan E, sehingga diperoleh 7 sampel yang dipilih berdasarkan data jenuh dari seluruh kelompok responden yang memperoleh nilai B, C dan E pada mahasiswa angkatan 2007 blok 8 "Kardiologi" di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi belajar mahasiswa angkatan 2007 pada blok 8 "Kardiologi" jika ditinjau dari aspek ujian akhir blok di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala dapat dirumuskan beberapa tema meliputi; tingkat kemudahan soal, materi yang pernah diajarkan sebagai soal ujian, keberulangan soal, variasi Multiple Choice Question (MCQ), 5081 miskeyed, soal mudah ditebak dan soal model essay. Kesimpulan penelitian ini bahwa terjadi ketidaksesuaian antara persepsi belajar mahasiswa angkatan 2007 pada blok 8 "Kardiologi" terhadap ujian akhir blok dengan pencapaian prestasi (nilai) mahasiswa pada blok tersebut.
Kata Kunci: Persepsi Belajar, Kardiologi, Prestasi Belajar, Nilai.
Tidak Tersedia Deskripsi
PREVALENSI TINGKAT ANSIETAS MENJELANG UJIAN BLOK BERDASARKAN FAKTOR RESIKO PADA MAHASISWA PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (SITI PERTIWI, 2023)
EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL MELALUI VIDEO CONFERENCE PADA BLOK-13 NEUROMUSKULOSKELETAL KLINIS MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS SYIAH KUALA (IMAM ZULFATA NASUTION, 2021)
REAKSI MAHASISWA DENGAN IPK > 3,00 ANGKATAN 2007 TERHADAP SOAL UJIAN BLOK DISASTER MANAGEMENT DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Sarah Ayuni, 2014)
ANALISIS KUALITAS SOAL PADA BLOK DISASTER MANAGEMENT: SEBUAH PENELITIANRNKUALITATIF TERHADAP MAHASISWA ANTUSIASRNPENDIDIKAN DOKTER 2007 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Andriani, 2022)
REAKSI MAHASISWA DENGAN IPK > 3,00 ANGKATAN 2007RNTERHADAP SOAL UJIAN BLOK DISASTER MANAGEMENTRNDI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAHRNKUALA (Sarah Ayuni, 2022)