PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI PEMBUATAN POLA BLUS SESUAI MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI PEMBUATAN POLA BLUS SESUAI MODEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 3 BANDA ACEH


Pengarang

NURLINA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Rosmala Dewi - 196410161989032002 - Dosen Pembimbing I
Zuraini M - 196208221986082001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104010046

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) / PDDIKTI : 83206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PKK., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Nurlina.2022. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Number Head Together (NHT) Pada Materi Pembuatan Pola Blus Sesuai Model Untuk Meningkatkan Hasi Belajar siswa SMKN 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Model pembelajaran Number Head Together (NHT) merupakan model pembelajaran kooperatif yang menggunakan kelompok sebagai wadah dalam menyampaikan pembelajaran. Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT) dan respon peserta didik dalam meningkatkan hasil pada materi Pembuatan Pola blus sesuai model di kelas X Busana 2 SMKN 3 Banda Aceh. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya adalah peserta didik kelas X Busana 2 SMKN 3 Banda aceh berjumlah 32 orang. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes (pre test dan post test), observasi, angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kegiatan guru pada siklus I sebesar 2.92, pada siklus II 3.08, pada siklus III menjadi 3.69 dengan kategori sangat baik.(2) Aktivitas peserta didik pada siklus I sebesar 50.6% pada siklus II menjadi 65% dan pada siklus III meningkat menjadi 85%. (3)Hasil belajar peserta didik pada siklus I ketuntasan individual pada siklus I sebesar 60.6% pada siklus II menjadi 74.6% dan meningkat pada siklus III menjadi 90.6%. Ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 15.6%, pada siklus II menjadi 62.2% dan meningkat pada siklus III 87.5%. (4) respon peserta didik sebanyak 96.8% mengatakan bahwa penerapan model pembelajaran Number Head Together (NHT)) merupakan model pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam memahami materi, menetukan ukuran-ukuran yang dibutuhkan dan membuat pola sesuai model. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada siklus III peserta didik sangat aktif dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Number Head Together (NHT).

Nurlina. 2022. The Application of the Number Head Together (NHT) Cooperative Learning Model in the Material of Making Blouses Patterns according to the Model to Improve the Learning Outcomes of SMKN 3 Banda Aceh students. Thesis, Department of Family Welfare Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. The Number Head Together (NHT) learning model is a cooperative learning model that uses groups as a forum for delivering learning. The purpose of the research in this thesis is to determine the application of the Number Head Together (NHT) learning model and the responses of students in improving the results of the blouse pattern making material according to the model in class X Clothing 2 SMKN 3 Banda Aceh. This type of research uses Classroom Action Research (CAR). The subjects were students of class X Clothing 2 SMKN 3 Banda Aceh totaling 32 people. Data collection techniques in this study used tests (pre test and post test), observation, questionnaires and documentation. Techniques of data analysis in this study using qualitative and quantitative. The results of this study indicate that (1) the teacher's activity in the first cycle is 2.92, in the second cycle 3.08, in the third cycle it becomes 3.69 with a very good category. (2) The student activity in the first cycle is 50.6% in the second cycle to 65% and in cycle III increased to 85%. (3) The learning outcomes of students in the first cycle of individual completeness in the first cycle were 60.6% in the second cycle to 74.6% and increased in the third cycle to 90.6%. Classical completeness in the first cycle was 15.6%, in the second cycle it was 62.2% and increased to 87.5% in the third cycle. (4) student responses as much as 96.8% said that the application of the Number Head Together (NHT) learning model is a learning model that can help students understand the material, determine the measurements needed and make patterns according to the model. So it can be concluded that in cycle III students are very active in learning by using the Number Head Together (NHT) learning model.

Citation



    SERVICES DESK