FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MEMBAYAR ZAKAT PADA BAZNAS RN(STUDI KASUS DESA PANTAI GEMI KECAMATAN STABAT) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MEMBAYAR ZAKAT PADA BAZNAS RN(STUDI KASUS DESA PANTAI GEMI KECAMATAN STABAT)


Pengarang

Siti Aisyah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Novi Indriyani Sitepu - 198005012015042001 - Dosen Pembimbing I
Nurma Sari - 198907182015042002 - Penguji
Eka Nulina 198903082019032021 - - - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1801104010014

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, pengetahuan, kredibilitas lembaga zakat, kualitas layanan zakat dan religiusitas terhadap minat masyarakat membayar zakat pada BAZNAS di desa Pantai Gemi kecamatan Stabat baik secara persial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang terdiri dari data primer dan data sekunder. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat muslim di desa Pantai Gemi. Sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel acak (probability sampling). Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa kepercayaan, pengetahuan, kualitas layanan zakat dan religiusitas berpengaruh secara parsial dan siginfikan terhadap minat masyarakat membayar zakat pada BAZNAS. Sedangkan kredibilitas lembaga zakat tidak berpengaruh signifikan terhadap minat membayar zakat pada BAZNAS. Oleh karena itu BAZNAS Langkat hendaknya memperhatikan dan semakin mengembangkan kepercayaan, pengetahuan, kredibilitas lembaga zakat, kualitas layanan zakat dan religiusitas agar kiranya dapat meningkatkan minat masyarakat untuk membayar zakat melalui BAZNAS.
Kata Kunci: BAZNAS, Zakat, Minat

ABSTRACT This study aims to determine the effect of trust, knowledge, credibility of zakat institutions, quality of zakat services and religiosity on people's interest in paying zakat at BAZNAS in Pantai Gemi village, Stabat sub-district, either partially or simultaneously. This study uses quantitative data consisting of primary data and secondary data. The population used in this study was the entire Muslim community in Pantai Gemi Village. The sample used is 100 respondents. The sampling technique used a random sample (probability sampling). Data analysis was carried out using multiple linear regression. The results of this analysis indicate that trust, knowledge, quality of zakat services and religiosity have a partial and significant effect on people's interest in paying zakat on BAZNAS. Meanwhile, the credibility of zakat institutions has no significant effect on interest in paying zakat at BAZNAS. Therefore, BAZNAS Langkat should pay attention and further develop trust, knowledge, credibility of zakat institutions, quality of zakat services and religiosity in order to increase public interest in paying zakat through BAZNAS. Keywords: BAZNAS, Zakat, Interest

Citation



    SERVICES DESK