Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA PROSES PEMBELAJARAN DI SD NEGERI LIMPOK ACEH BESAR
Pengarang
SILVIRA NURUL SABILA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Soedirman Z - 195806051987031004 - Dosen Pembimbing I
Sulaiman - 195904131988031001 - Dosen Pembimbing II
Nurmasyitah - 198505072010122004 - Penguji
Said Darnius - 195810301986031002 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1806104040057
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata kunci: Penerapan Karakter, Tanggung Jawab.
Dalam konteks penerapan karakter tanggung jawab pada proses pembelajaran, diperlukan usaha yang besar bagi guru untuk menerapkan karakter tanggung jawab ini. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana cara guru menerapkan karakter tanggung jawab pada proses pembelajaran di SD Negeri Limpok Aceh Besar. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan cara guru menerapkan karakter tanggung jawab pada proses pembelajaran di SD Negeri Limpok.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari hasil wawancara dengan guru kelas, sedangkan sumber data adalah guru kelas tinggi di SD Negeri Limpok.
Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Teknik observasi yang diterapkan adalah pengamatan dengan mengamati bagaimana cara guru menerapkan karakter tanggung jawab dalam proses pembelajaran. Sedangkan teknik wawancara dilakukan dengan mewawancarai guru kelas tinggi di SD Negeri Limpok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, guru telah menerapkan beberapa karakter tanggung jawab di dalam proses pembelajaran diantaranya dengan selalu membina peserta didik sebelum dan setelah proses pembelajaran, menunjukkan sikap tanggung jawab kepada peserta didik misalnya datang tepat waktu ke sekolah dan membantu peserta didik membersihkan ruang kelas, menjadi contoh teladan yang baik untuk peserta didik , memberikan penguatan kepada peserta didik bahwa dengan adanya penerapan karakter tanggung jawab akan membuat proses pembelajaran menjadi efektif, mampu membuat perubahan terhadap hasil belajar peserta didik, serta melihat apakah ada pengaruh penerapan karakter tanggung jawab pada proses pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik.
. Guru kelas IV sudah menerapkan karakter tanggung jawab dalam proses pembelajaran dengan baik sementara guru kelas V dan VI belum menerapkan karakter tanggung jawab dalam proses pembelajaran dengan baik karena belum menerapkan semua indikator yang telah ditentukan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa guru sudah menerapkan karakter tanggung jawab pada proses pembelajaran dengan baik, namun masih ada dari guru yang belum menerapkan karakter tanggung jawab ini dengan baik.
Keywords: Application of Character, Responsibility. In the context of applying the character of responsibility in the learning process, a great effort is needed for teachers to apply this character of responsibility. This study was conducted to see how teachers apply the character of responsibility in the learning process at SD Negeri Limpok Aceh Besar. In particular, this study aims to describe how teachers apply the character of responsibility in the learning process at SD Negeri Limpok. The approach used in this study is a qualitative approach. The data of this study were derived from the results of interviews with classroom teachers, while the data sources were high-class teachers at SD Negeri Limpok. Data was collected by using observation and interview techniques. The observation technique applied is observation by observing how the teacher applies the character of responsibility in the learning process. While the interview technique was carried out by interviewing high-class teachers at SD Negeri Limpok. The results of the study indicate that, the teacher has implemented several characters of responsibility in the learning process including by always fostering students before and after the learning process, showing an attitude of responsibility to students, for example coming on time to school and helping students clean the classroom, being good examples for students, providing reinforcement to students that the application of the character of responsibility will make the learning process effective, able to make changes to student learning outcomes, and see if there is an effect of the application of the character of responsibility in the learning process on the results learn students. . Class IV teachers have implemented the character of responsibility in the learning process well, while teachers of grades V and VI have not implemented the character of responsibility in the learning process well because they have not implemented all the indicators that have been determined. Based on the results of the research above, it can be concluded that teachers have implemented the character of responsibility in the learning process well, but there are still some teachers who have not applied this character of responsibility well.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJASAMA DAN TANGGUNG JAWAB PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (ROZATINUR, 2022)
PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB DI KELAS RENDAH SD NEGERI 9 TAPAKTUAN KABUPATEN ACEH SELATAN (MUTIA CLARITA RIZAL, 2021)
UPAYA GURU DALAM PENGUATAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 2 SAMALANGA (NUR RIZKIA, 2022)
PENERAPAN PENDIDIKAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM MATA PELAJARAN PJOK DI SD GUGUS 20 KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (MERRY PRATIWI SUKMA, 2018)
STRATEGI GURU DALAM MENERAPKAN NILAI KARAKTER TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH (PUTRI RAUZATUL JANNAH, 2019)