Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PERSEPSI PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI POLI KLINIK UMUM BADAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2007
Pengarang
Jubir - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0371120108
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran.,
Bahasa
Indonesia
No Classification
362.173
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kepuasan pasien merupakan cerminan dari keberhasilan pelayann Rumah Sakit. Kepuasan merupakan salah satu output pelayanan rumah sakit dan rnerupakan dimensi dari kualitas pelayanan. Banyak survey membuktikan bahwa tidak semua pasien yang kecewa terhadap pelayanan suatu rumah sakit dengan senang hati mau menyampaikan keluhannya. Artinya meski mereka tidak menyampaian keluhannya, tidak berarti secara otomatis bisa dianggap puas. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi pasien tentang kualitas pelayanan di Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan Badan. Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Dr.Zainoel Abidin Banda Aceh. Tujuan penelitian untuk mengetahui gambaran persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan di Poliklinik Umum Instalasi Rawat Jalan Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Tahun 2007. Tehnik Pengumpulan data dengan mengedarkan angket penelitian kepada responden. Pengumpulan data dilaksanakan tanggal I1 Desember sampai dengan 27 Desember 2007, jenis penelitian deskriptif eksploratif dengan menggunakan metode cross sectional study. Jumlah sampel 37 orang, pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan ku:sioner. Analisa data dilakukan dengan cara deskriptif. Data disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi disertai penjelasan secara narasi. Hasil penelitian berupa persepsi pasien tentang kualitas pelayanan di poliklinik umum Badan Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Umum Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh 51,35% (19 orang) beracia pada katagori baik dan 48,65% (18 orang) berada pada katagori tidak baik. Persepsi pasien tentang kualitas pelayanan berdasarkan kehandalan 54,1% baik, berdasarkan keresponsifan 62.2% baik, berdasarkan keyakinan 54,1% baik, berdasarkan empati 64,86% baik dan berdasarkan berwujud 56,8% baik. Kesimpulan dari penelitian ini cliperoleh basil bahwa persepsi pasien terhadap kulaitas pelayanan dalam keadaan baik. Dalam penelitian ini penulis menyarankan kepada para pengambil kebijakan khususnya kepala instalasi untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan dalam rangka memenuhi tuntutan masyarakat yang memanfaatkan pelayanan kesehatan.
Kata Kunci: persepsi pasien, kualitas pelayanan
Tidak Tersedia Deskripsi
ANALISA PERBANDINGAN KINERJA RUMAH SAKIT DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS PADA BADAN PELAYANAN KESEHATAN - RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN DAN RUMAH SAKIT TEUNGKU FAKINAH, BANDA ACEH) (Mukmin, 2024)
FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU PASIEN TERHADAP PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT JALAN BADAN PELAYANAN KESEHATAN RUMAH SAKIT UMUM DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2006 (Annas, 2021)
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN KOTA BANDA ACEH (Fara Fatika, 2017)
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POLI KLINIK SUB SPESIALIS BEDAH TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM RNDAERAH DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Suriani, 2014)
HUBUNGAN KUALITAS INFORMED CONSENT TINDAKAN BEDAH DITINJAU DARI ETIKA DAN MEDIKOLEGAL DENGAN KEPUASAN PELAYANAN KESEHATAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN. (PUTRA SAFANA, 2020)