KONSEP TEORI PERMAINAN DALAM MENENTUKAN STRATEGI PERSAINGAN JASA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DAN GRAB (STUDI KASUS: MAHASISWA FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KONSEP TEORI PERMAINAN DALAM MENENTUKAN STRATEGI PERSAINGAN JASA TRANSPORTASI ONLINE GOJEK DAN GRAB (STUDI KASUS: MAHASISWA FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA)


Pengarang

RIDHO PURNAMA GUSTIFA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nurhasanah - 197405192008012007 - Dosen Pembimbing I
Nany Salwa - 197505292008122001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1708108010022

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Statistika (S1) / PDDIKTI : 49201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas MIPA (S1)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

519.72

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Gojek dan Grab merupakan dua perusahaan jasa transportasi online terbaik dan terpopuler pada tahun 2021. Kesamaan dalam hal memenuhi kebutuhan pelanggan, membuat Gojek dan Grab saling bersaing satu sama lain dalam upaya meningkatkan keunggulan masing-masing perusahaan. Salah satu cara untuk memenangkan persaingan yaitu perlu adanya strategi pemasaran yang tepat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi pemasaran yang unggul di antara Gojek dan Grab berdasarkan perspektif mahasiswa FMIPA USK dalam memilih jasa transportasi online menggunakan konsep teori permainan. Responden yang digunakan sebanyak 338 mahasiswa semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan penarikan sampel stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan strategi campuran diperoleh titik pelana yang sama untuk kedua pemain yaitu sebesar 71. Nilai titik pelana tersebut merupakan nilai permainan yang optimal untuk kedua pemain, sehingga diperoleh strategi pemasaran yang optimal untuk kedua pemain berdasarkan perspektif mahasiswa FMIPA USK selaku pengguna jasa transportasi online tersebut. Strategi yang optimal bagi Gojek yaitu strategi hemat biaya sebesar 43,1% dan strategi kenyamanan sebesar 56,7%. Sedangkan strategi yang optimal bagi yaitu strategi keamanan dengan probabilitas sebesar 97,6% dan strategi promo sebesar 2,2%.
Kata kunci: Transportasi online, Teori Permainan, Persaingan Bisnis.

Gojek and Grab are the two best and most popular online transportation service companies in 2021. The similarities in terms of meeting customer needs make Gojek and Grab compete with each other in an effort to increase the advantages of each company. One way to win the competition is to have the right marketing strategy. This research was conducted to determine the superior marketing strategy between Gojek and Grab based on the perspective of FMIPA USK students in choosing online transportation services using the concept of game theory. The respondents used were 338 even semester students for the 2020/2021 academic year with stratified random sampling. The results showed that with a mixed strategy, the same saddle point was obtained for both players, namely 71. The value of the saddle point was the optimal game value for both players, so that the optimal marketing strategy was obtained for both players based on the perspective of FMIPA USK students as users of transportation services online. The optimal strategy for Gojek is a cost-effective strategy of 43.1% and a convenience strategy of 56.7%. Meanwhile, the optimal strategy for Grab is a security strategy with a probability of 97.6% and a promo strategy of 2.2%. Keywords: Online Transportation, Game Theory, Businesss Competition.

Citation



    SERVICES DESK