Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
HUBUNGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2013
Pengarang
Fitria hayuza - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0907101020091
Fakultas & Prodi
Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2013
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Komunikasi merupakan alat kontak sosial yang penting dalam membina
hubungan antara individu, dan pada profesi keperawatan komunikasi lebih menjadi bermakna karena merupakan metode utama dalam mengimplentasi proses keperawatan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA. Penelitian ini dilakukan di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin pada 22 Januari -2 Februari 2013, dengan menggunakan desain cross sectional dan sampel berjumlah 78 responden untuk di minta pendapat tentang kcpuasan pasien terhadap komunikasi terapeutik perawat. Analisa yang digunakan adalah analisa univariat dan analisa bivariat dengan uji statistik chi square. Hasil penelitian didapatkan ada hubungan komunikasi terapeutik dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA dengan nilai P-value 0,000 < a
0,05. Hubungan komunikasi terapeutik pada tahap perkenalan dengan kepuasan
pasien di ruang rawat inap RSUDZA nilai P-value 0,006 < a 0,05. Hubungan komunikasi terapeutik pada tahap orientasi dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA nilai P-value 0,002 < a 0,05. Hubungan komunikasi terapeutik pada tahap kerja dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA nilai P-value 0,002 < a 0,05. Hubungan komunikasi terapeutik pada tahap tenninasi dengan kepuasan pasien di ruang rawat inap RSUDZA nilai P-value
0,004 < a 0,05. Kepada Direktur Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin agar dapat melakukan pengawasan atau supervisi terkait dengan pelaksanaan
komunikasi. Khususnya bagian ruang rawat inap kelas lll agar meningkatkan pelayanan yang berkualitas dan lebih memperhatikan komunikasi terapeutik dalam pelayanan kesehatan yang diberikan kepada pasien dan masyarakat, dengan fokus utama pada tahap perkenalan, memperbaiki kemampuan rnelaksanakan perkenalan di awal pertemuan dengan pasien dalam melakukan pelayanan kesehatan untuk memberikan informasi yang tepat kepada pasien.
Kata kunci : Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan Pasien
Tidak Tersedia Deskripsi
HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG FASE KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KETERAMPILAN DALAM PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH 2013 (CUT IRMA SUKRIA, 2014)
HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG FASE KOMUNIKASI TERAPEUTIK DENGAN KETERAMPILAN PERAWAT DALAM PELAKSANAAN KOMUNLKASI TERAPEUTIK DI RUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH MEURAXA BANDA ACEH 2013 (Cut Irma Sukria, 2022)
HUBUNGAN MOTIVASI PERAWAT DENGAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT PELAKSANA DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012 (Syukri, 2014)
HUBUNGAN PELAKSANAAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT PELAKSANA DENGAN KEPUASAN PASIEN DI RUANG RAWAT INAP KELAS III RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Rita Zahara, 2015)
STUDI KOMPARATIF PEMENUHAN SPIRITUAL PASIEN DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM PRIA DAN WANITA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (RIZATUL HUSNA, 2015)