EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE JASA TRANSPORTASI ONLINE DI BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE (UX) HONEYCOMB | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EVALUASI PENGALAMAN PENGGUNA APLIKASI MOBILE JASA TRANSPORTASI ONLINE DI BANDA ACEH DENGAN MENGGUNAKAN USER EXPERIENCE (UX) HONEYCOMB


Pengarang

MUSTASYAR - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nur Izzaty - 198408072019032011 - Dosen Pembimbing I
Raihan Dara Lufika - 199412282019012101 - Dosen Pembimbing II
Friesca Erwan - 198405172019011101 - Penguji
Riski Arifin - 199505272022031011 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1704106010020

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Transportasi online semakin populer penggunaanya sejak pandemi Covid-19 di tahun 2020. Beberapa contoh transportasi online di indonesia yaitu Gojek, Grab, dan Maxim. Setiap aplikasi memiliki kekurangan pada performanya yang dapat menyebabkan terganggunya kenyamanan pengguna dan mempengaruhi tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi, sehingga membuat pengguna memilih aplikasi kompetitor yang serupa yang memiliki tingkat error lebih sedikit dan dapat membuat aplikasi nyaman untuk digunakan. Dengan menggunakan metode desain user experience (UX) honeycomb peneliti dapat melihat dan membandingkan aplikasi mana yang memiliki performa desain aplikasi lebih baik dari tiga perusahaan. Tujuh aspek metode user experience honeycomb yaitu accessible, credible, desirable, findable, usable, useful, dan valuable. Menurut pengguna aplikasi Gojek, Gojek sudah dapat memenuhi tujuh aspek UX honeycomb, dikarenakan aplikasi Gojek memiliki nilai pada seluruh aspek UX honeycomb pada skala 3 dengan nilai rata-rata keseluruhan baik. Begitu juga menurut pengguna aplikasi Grab, Grab sudah dapat memenuhi tujuh aspek UX honeycomb, dikarenakan aplikasi Grab memiliki nilai pada seluruh aspek UX honeycomb pada skala 3 dengan nilai rata-rata keseluruhan baik. Sedangkan menurut pengguna aplikasi Maxim, aplikasi Maxim belum dapat memenuhi beberapa aspek dari tujuh aspek UX honeycomb dikarenakan aplikasi Maxim memiliki nilai pada skala 2 yang berarti tidak baik yaitu pada aspek usable 2,82, aspek desirable 2,63, dan aspek findable 2,56, meskipun nilai keseluruhan sudah baik. Maxim merupakan aplikasi yang memiliki nilai penilaian paling rendah yaitu. Sedangkan Gojek memiliki performa pelayanan aplikasi terbaik.
Kata kunci: Gojek, Grab, Maxim, user experience honeycomb

Online transportation has become increasingly popular since the pandemic Covid-19 in 2020. Some examples of online transportation in Indonesia are Gojek, Grab, and Maxim. Each application has shortcomings in its performance that can cause disruption of user comfort and affect the level of user satisfaction with the application, thus making users choose similar competitor applications that have fewer error rates and can make the application comfortable to use. By using the honeycomb user experience (UX) design method, researchers can see and compare which applications have better application design performance than the three companies. The seven aspects of the user experience honeycomb method are accessible, credible, desirable, findable, usable, useful, and valuable. According to Gojek application users, Gojek has been able to fulfill seven aspects of UX honeycomb, because the Gojek application has a score on all aspects of UX honeycomb on a scale of 3 with an overall good average value. Likewise, according to users of the Grab application, Grab has been able to fulfill seven aspects of UX honeycomb, because the Grab application has a score on all aspects of UX honeycomb on a scale of 3 with a good overall average score. Meanwhile, according to users of the Maxim application, the Maxim application has not been able to fulfill several aspects of the seven aspects of UX honeycomb because the Maxim application has a value on a scale of 2 which means it is not good, namely the usable aspect 2.82, the desirable aspect 2.63, and the findable aspect 2.56, although the overall score is good. Maxim is an application that has the lowest rating value. Meanwhile, Gojek is the best application service performance. Keywords: Gojek, Grab, Maxim, user experience honeycomb

Citation



    SERVICES DESK