Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK LOKAL ACEH MELALUI DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN STRUCTURAL EQUATION MODELLING (SEM)
Pengarang
NURUL KHAILA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sarika Zuhri - 198908142019032019 - Dosen Pembimbing I
Friesca Erwan - 198405172019011101 - Dosen Pembimbing II
Riski Arifin - 199505272022031011 - Penguji
Didi Asmadi - 198405132019031006 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1804106010049
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Industri (S1) / PDDIKTI : 26201
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
658.872
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pemasaran berbasis digital marketing merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam revolusi industri 4.0. Tujuan dilakukan pemasaran berbasis digital untuk dapat meninjangkau pasar lebih luas, biaya lebih murah serta meningkatkan trend penjualan. Adanya digital marketing pada penjualan produk lokal Aceh juga mengubah perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian suatu produk, sehingga perlu dilakukan analisis untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi keputusan pembelian produk lokal Aceh melalui digital marketing. Variabel tersebut terdiri dari Kepercayaan, Kemudahan, Kualitas Informasi dan Harga. Analisis variabel dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) menggunakan sampel sebesar 174 responden yang dikumpulkan melalui teknik non probability sampling. Pengolahan data dilakukan menggunakan software AMOS, sehingga diperoleh hasil yaitu kemudahan, kualitas informasi dan harga memiliki hubungan terhadap digital marketing, sedangkan variabel kepercayaan tidak memiliki hubungan yang signifikan. Digital marketing juga memiliki hubungan terhadap Keputusan Pembelian. Sehingga, dinyatakan bahwa variabel yang mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian melalui digital marketing adalah variabel kemudahan, kualitas informasi dan harga.
Kata Kunci : Digital Marketing, Structural Equation Modelling (SEM),
Keputusan Pembelian
Digital marketing-based marketing is one of the strategies used in the industrial revolution 4.0. The purpose of digital-based marketing is to be able to reach a broader market, lower costs and increasing sales trends. The existence of digital marketing on the sale of local Aceh products also changes consumer behavior in making product decisions, so it is necessary to analyze the variables that influence purchasing decisions for local Aceh products through digital marketing. The variables consist of Trust, Ease, Information Quality, and Price. Variable analysis was carried out using the Structural Equation Modeling (SEM) method using a sample of 174 respondents collected through non-probability sampling techniques. Data processing was carried out using AMOS software so that the ease, quality of information, and the price of the relationship with digital marketing were obtained. At the same time, the trust variable did not have a significant relationship. Digital marketing also has a relationship with Purchase Decisions. So it is stated the variables that influence purchasing decisions through digital marketing are convenience, information quality, and price. Kata Kunci : Digital Marketing, Structural Equation Modelling (SEM), Purchase Decisions
PERBANDINGAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MELALUI DIGITAL MARKETING DAN RNKONVENSIONAL MARKETING (STUDI KASUS: SOCOLATTE ACEH) (Rini Amelia, 2024)
PENGARUH ENVIRONMENTAL ATTITUDE TERHADAP GREENRN RNPURCHASING BEHAVIOR YANG DIMEDIASI OLEH GREENRNMARKETING PERCEPTIONS DAN GREEN PURCHASINGRNWILLINGNESSRNRN( STUDI PADA KONSUMEN PRODUK THE BODY SHOP DIRNKOTA BANDA ACEH) (SALMINA, 2021)
PENGARUH PRODUCT QUALITY DAN FASHION LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI MEDIASI OLEH DIGITAL MARKETING PADA PRODUK PAKAIAN SS (SHELLASAUKIA) DI BANDA ACEH (Neli Agustina, 2025)
ANALISIS PENGARUH DIGITAL MARKETING, E-SERVICE QUALITY DAN RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DALAM KONTEKS E- COMMERCE TIKTOK SHOP (STUDI KASUS MAHASISWI S1 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS – UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Dhea Mawaddah, 2023)
PENGARUH SOSIAL MEDIA DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BUSANA MUSLIM DENGAN BRAND IMAGE SEBAGAI VARIABEL MEDIASI DI KOTA BANDA ACEH (Fira Harisa, 2023)