Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
GAMBARAN PENDEKATAN BELAJAR (APPROACHES TO LEARNING) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA DALAM DISKUSI TUTORIAL
Pengarang
Nuril Annissa - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0807101010104
Fakultas & Prodi
Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2012
Bahasa
Indonesia
No Classification
610.7
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Mahasiswa kedokteran yang belajar menggunakan sistem PBL (Problem Based Learning) dan menjalankan diskusi tutorial secara rutin diasumsikan akan lebih cenderung mengembangkan pendekatan belajar mendalam dibanding pendekatan belajar dangkal. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pendekatan belajar yang dikembangkan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala dalam diskusi tutorial yang mereka jalani. Selain itu, penelitian ini ingin melihat apakah ada perbedaan pendekatan belajar yang dikembangkan oleh mahasiswa tahun pertama (angkatan 201l), tahun kedua (angkatan 2010) dan tahun ketiga (angkatan 2009). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan cross-sectional, berIangsung pada bulan Februari 2012 di Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Dari 262 sampel, 198 di antaranya merupakan mahasiswa jalur reguler sementara sisanya 64 orang merupakan mahasiswa jalur non reguler. Dari penelitian yang dilakukan, 80.15% dan sampel cenderung lebih mengembangkan pendekatan bejajar yang mendalam sementara 19.47% sisanya lebih cenderung mengembangkan pendekatan belajar yang dangkal. Nilai pendekatan belajar mendalam tertinggi tampak pada mahasiswa angkatan 20 t 1 (Mean = 3.48, SD = 0.53). disusul oleh angkatan 2009 (Mean = 3.45, SD = 0.51) dan angkatan 2010 (Mean = 3.40, SD = 0.46). Sebagai kesimpulan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala menunjukkan pengembangan pendekatan belajar mendalam yang lebih tinggi daripada pendekatan belajar dangkal. Namun demikian, ada variasi nilai rerata yang ditunjukkan oleh nap angkatan, yang secara spesifik mirip dengan efek bulan madu (honeymoon effect) di mana terjadi penurunan dan peningkatan (yang tidak setinggi nilai di awal) dari antusiasme belajar subjek didik sebab faktor-faktor tertentu,
Kata Kunci : Problem Based Learning, Pendekatan Belajar Mendalarn,
Pendekatan Belajar Dangkal.
Tidak Tersedia Deskripsi
GAMBARAN PENDEKATAN BELAJARRN(APPROACHES TO LEARNING)RNPADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITASRNSYIAH KUALA DALAMRNDISKUSI TUTORIAL (Nuril Annissa Niswanto, 2014)
EFEKTIFITAS METODE PEMBELAJARAN TUTORIAL MELALUI VIDEO CONFERENCE PADA BLOK-13 NEUROMUSKULOSKELETAL KLINIS MAHASISWA PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER ANGKATAN 2018 UNIVERSITAS SYIAH KUALA (IMAM ZULFATA NASUTION, 2021)
PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER GIGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (AULIA SHAFIRA RAHMA, 2022)
TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP TUTOR DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNSYIAH BANDA ACEH (Ferlizarisma, 2022)
EVALUASI KURIKULUM PENDIDIKAN DOKTER DITINJAU DARI PERSPEKTIF DOSEN DAN MAHASISWA (Teuku Renaldi, 2020)