ANALISIS KUALITAS SOAL PADA BLOK DISASTER MANAGEMENT: SEBUAH PENELITIANRNKUALITATIF TERHADAP MAHASISWA ANTUSIASRNPENDIDIKAN DOKTER 2007 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS KUALITAS SOAL PADA BLOK DISASTER MANAGEMENT: SEBUAH PENELITIANRNKUALITATIF TERHADAP MAHASISWA ANTUSIASRNPENDIDIKAN DOKTER 2007 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

Andriani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0607101010056

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran., 2012

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Ujian tertulis adalah format yang paling banyak dikenal dan paling sering digunakan dalam pendidikan kedokteran. Format ini juga yang paling sering digunakan untuk menilai sejauh mana pencapaian pembelajaran mahasiswa, Kelebihannya adalah lebih mudah disusun dan relatif lebih murah jika dibandingkan dengan ujian keterampilan/skill. Ujian tertulis blok terutama pada blok disaster management dianggap penting karena akan menggambarkan kompetensi mahasiswa di akhir pembelajaran blok. Blok disaster management sendiri merupakan blok yang terakhir pada kurikulurn Problem Based learning (PBL) pada program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas soal pada Blok Disaster Management melalui reaksi mahasiswa di Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengevaluasi soal ujian akhir blok melalui reaksi mahasiswa. Kualitas 5031 ditelusuri secara kualitatif dengan metode deep interview/mewawancara mendalam pada mahasiswa yang antusias. Dari hasil wawancara dianalisis dengan metode Miles and Huberman, didapatkan tema-tema dan kesimpulan bahwa: sebagian besar soal dianggap cukup mudah, soal benar-benar menguji materi yang telah diajarkan. terdapat soal berulang atau saling berkaitan, kurang tepatnya cara penulisan soal untuk menguji kompetensi tinggi, tidak ada soal yang misedkeyed, belum diantisipasinya cueing effect yang membuat soal menjadi mudah untuk ditebak jawabannya, dan kurangnya variasi bentuk soal selain Multiple Choice Question.

Kata kunci: disaster management, assessment, Multiple Choice Question,
kompetensi, cueing effect.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK