PENERAPAN REGRESI LOGISTIK BINER DALAM MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN DI FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN REGRESI LOGISTIK BINER DALAM MENGANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN DI FMIPA UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

BAIDURI ORIDA PUTRI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Latifah Rahayu Siregar - 198409282015042002 - Dosen Pembimbing I
Nany Salwa - 197505292008122001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1808108010025

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Statistika (S1) / PDDIKTI : 49201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas MIPA Statistika., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kualitas pelayanan suatu perguruan tinggi dapat diukur dari tingkat kepuasan penerima layanan, salah satunya mahasiswa. Informasi terkait tingkat kepuasan mahasiswa sangat berguna dalam peningkatan kualitas pelayanan yang lebih efisien, efektif, dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan di FMIPA USK, diharapkan hasil yang diperoleh dapat menjadi bahan evaluasi dalam mengoptimalkan kualitas pelayanan FMIPA USK. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data hasil survei tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan FMIPA USK tahun 2021. Berdasarkan hasil analisa data menggunakan analisis Regresi Logistik Biner diketahui faktor-faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan FMIPA USK adalah faktor jaminan dan bukti fisik dengan ketepatan model dalam mengidentifikasi dan memprediksi tingkat kepuasan mahasiswa sebesar 86% (kategori good/baik). Odds ratio untuk variabel jaminan (X_3) adalah 3,17 yang artinya setiap peningkatan 1 poin skor kompetensi dan kemampuan komunikasi pegawai FMIPA USK, maka skor tingkat kepuasan mahasiswa cenderung meningkat sebesar 3,17 kali. Sedangkan odds ratio untuk variabel bukti fisik (X_5) adalah 13,00 yang artinya setiap peningkatan 1 poin skor kelengkapan dan kenyamanan fasilitas serta penampilan pegawai FMIPA USK, maka skor tingkat kepuasan mahasiswa cenderung meningkat sebesar 13 kali.
Kata kunci: regresi logistik biner, tingkat kepuasan, pelayanan, odds ratio

A quality of university services can be measured by the level of satisfaction by the service receiver, one of them are students. Information related to the level of student satisfaction is very useful for improving the quality of services to be more efficient, effective, and on target. This study aims to identify the factors that affects the students satisfaction level of service in FMIPA USK, may the results can be used as evaluation material in optimize the quality of services at FMIPA USK. The data used in this study is data from a survey student satisfaction levels of service in FMIPA USK in 2021. Based on the results of data analysis using Binary Logistics Regression analysis, the factors that affects the students satisfaction level of service in FMIPA USK are assurance and tangibles factors with the accuracy of the model in determining students satisfaction levels is 86% (good category). The odds ratio for the assurance variable is 3,17, which means that for every 1 point increase in the score of competency and communication skills of FMIPA USK employees, the score of student satisfaction level are increases by 3.17 times. Meanwhile, the odds ratio the tangibles variable is 13.00, which means that for every 1 point increase in the score of completeness facilities and the appearance of FMIPA USK employees, the score of student satisfaction level are increases by 13 times. Keywords: binary logistic regression, satisfaction level, service, odds ratio

Citation



    SERVICES DESK