Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SD NEGERI LAMPEUNEURUT
Pengarang
Risma Yulisa - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Suci Fitriani - 198701052019032008 - Dosen Pembimbing II
Ahadin - 196009181986031004 - Penguji
M. Yamin - 195912311985031025 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1806104040055
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini diberi judul, “Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Picture and Picture Terhadap Motivasi Belajar Siswa Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV SD Negeri Lampeuneurut”. Rumusan masalah penelitian ini “Apakah ada pengaruh model pembelajaran interaktif Picture and Picture terhadap motivasi belajar siswa pada Subtema Aku dan Cita-Citaku kelas IV SD Negeri Lampeuneurut?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Interaktif Picture and Picture motivasi belajar siswa pada Subtema Aku dan Cita-Citaku kelas IV SD Negeri Lampeuneurut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 4, berjumlah 61 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan skala motivasi, hasil dari penelitian menggunakan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 22. Sebelumnya dilakukan pengujian hipotesis, homogenitas dan mormalitas dengan homogenitas 0,000 di bawah 0,05, berarti data tersebut bersifat homogen. Sedangkan hasil dari uji normalitas adalah 0,200 > 0,05 informasinya biasa saja. Hasil pengujian hipotesis dari uji dengan nilai R sebesar 0,729. Sedangkan nilai R Square adalah 0,729, yang berarti bahwa motivasi belajar siswa berpengaruh 0,532% terhadap hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Interaktif Picture and Picture. Karena nilai sig > 0,05, maka disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diakui. Dengan demikian dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran interaktif Picture and Picture terhadap motivasi belajar siswa pada Subtema Aku dan Cita-Citaku kelas IV SD Negeri Lampeuneurut. Dalam buku tema 6 sub 1 pembelajaran 2.
Kata kunci: Model Pembelajaran Interaktif, Picture and Picture, Motivasi Belajar Siswa.
This research is entitled, "The Effect of Picture and Picture Interactive Learning Model on Students' Learning Motivation, Subtheme Me and My Goals in Class IV of SD Negeri Lampeuneurut". The formulation of the research problem is "Is there an effect of the Picture and Picture interactive learning model on students' learning motivation in the Sub-theme I and My Goals in the fourth grade of SD Negeri Lampeuneurut?". This study aims to determine the effect of Picture and Picture Interactive Learning on students' learning motivation in the Sub-theme I and My Goals in the fourth grade of SD Negeri Lampeuneurut. This study uses a quantitative approach. The sample of this study was grade 4 students, totaling 61 students. The method of data collection was carried out by tests and motivation scales, the results of the research used hypothesis testing with the help of SPSS version 22. Previously, hypothesis testing, homogeneity and normality were tested with homogeneity of 0.000 below 0.05, meaning the data is homogeneous. While the results of the normality test are 0.200 > 0.05, the information is normal. The results of hypothesis testing from the test with an R value of 0.729. While the value of R Square is 0.729, which means that students' learning motivation has an effect of 0.532% on learning outcomes using the Picture and Picture Interactive learning model. Because the value of sig > 0.05, it tends to be concluded that H0 is rejected and Ha is recognized. Thus, it is stated that there is an effect of the Endless Picture Intelligent learning model on students' learning motivation in the Sub-theme I and My Goals for the fourth grade of SD Negeri Lampeuneurut. In the book theme 6 sub 1 learning 2. Keywords: Interactive Learning Model, Picture and Picture, Student Learning Motivation.
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWWA PADA SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SD NEGERI 30 BANDA ACEH (siti hafizah, 2015)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURETERHADAP HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA INDONESIAKU, BANGSA YANG BERBUDAYA KELAS V SD NEGERI 30 BANDA ACEH (Fatimah Binti Ramli, 2017)
PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SUBTEMA TUBUH MANUSIA DI KELAS V SD NEGERI 1 BANDA ACEH (Devi Anggraini, 2016)
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN EXAMPLE NONEXAMPLE TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK MANUSIA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 11 BANDA ACEH (Maisal Jannah, 2014)
PENGARUH MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL RNBELAJAR PADA MATERI PERUBAHAN PENAMPAKAN BUMI RNDAN LANGIT PADA SISWA KELAS IVRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (Nisa Amelia, 2014)