PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SD NEGERI LAMPEUNEURUT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF PICTURE AND PICTURE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SD NEGERI LAMPEUNEURUT


Pengarang

Risma Yulisa - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Suci Fitriani - 198701052019032008 - Dosen Pembimbing II
Ahadin - 196009181986031004 - Penguji
M. Yamin - 195912311985031025 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104040055

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP PGSD., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini diberi judul, “Pengaruh Model Pembelajaran Interaktif Picture and Picture Terhadap Motivasi Belajar Siswa Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV SD Negeri Lampeuneurut”. Rumusan masalah penelitian ini “Apakah ada pengaruh model pembelajaran interaktif Picture and Picture terhadap motivasi belajar siswa pada Subtema Aku dan Cita-Citaku kelas IV SD Negeri Lampeuneurut?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pembelajaran Interaktif Picture and Picture motivasi belajar siswa pada Subtema Aku dan Cita-Citaku kelas IV SD Negeri Lampeuneurut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 4, berjumlah 61 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan skala motivasi, hasil dari penelitian menggunakan uji hipotesis dengan bantuan SPSS versi 22. Sebelumnya dilakukan pengujian hipotesis, homogenitas dan mormalitas dengan homogenitas 0,000 di bawah 0,05, berarti data tersebut bersifat homogen. Sedangkan hasil dari uji normalitas adalah 0,200 > 0,05 informasinya biasa saja. Hasil pengujian hipotesis dari uji dengan nilai R sebesar 0,729. Sedangkan nilai R Square adalah 0,729, yang berarti bahwa motivasi belajar siswa berpengaruh 0,532% terhadap hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Interaktif Picture and Picture. Karena nilai sig > 0,05, maka disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diakui. Dengan demikian dinyatakan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran interaktif Picture and Picture terhadap motivasi belajar siswa pada Subtema Aku dan Cita-Citaku kelas IV SD Negeri Lampeuneurut. Dalam buku tema 6 sub 1 pembelajaran 2.
Kata kunci: Model Pembelajaran Interaktif, Picture and Picture, Motivasi Belajar Siswa.

This research is entitled, "The Effect of Picture and Picture Interactive Learning Model on Students' Learning Motivation, Subtheme Me and My Goals in Class IV of SD Negeri Lampeuneurut". The formulation of the research problem is "Is there an effect of the Picture and Picture interactive learning model on students' learning motivation in the Sub-theme I and My Goals in the fourth grade of SD Negeri Lampeuneurut?". This study aims to determine the effect of Picture and Picture Interactive Learning on students' learning motivation in the Sub-theme I and My Goals in the fourth grade of SD Negeri Lampeuneurut. This study uses a quantitative approach. The sample of this study was grade 4 students, totaling 61 students. The method of data collection was carried out by tests and motivation scales, the results of the research used hypothesis testing with the help of SPSS version 22. Previously, hypothesis testing, homogeneity and normality were tested with homogeneity of 0.000 below 0.05, meaning the data is homogeneous. While the results of the normality test are 0.200 > 0.05, the information is normal. The results of hypothesis testing from the test with an R value of 0.729. While the value of R Square is 0.729, which means that students' learning motivation has an effect of 0.532% on learning outcomes using the Picture and Picture Interactive learning model. Because the value of sig > 0.05, it tends to be concluded that H0 is rejected and Ha is recognized. Thus, it is stated that there is an effect of the Endless Picture Intelligent learning model on students' learning motivation in the Sub-theme I and My Goals for the fourth grade of SD Negeri Lampeuneurut. In the book theme 6 sub 1 learning 2. Keywords: Interactive Learning Model, Picture and Picture, Student Learning Motivation.

Citation



    SERVICES DESK