Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PEMBELAJARAN BERMAKNA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CORE PADA MATERI CAHAYA DAN OPTIK KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH
Pengarang
Deana Jauhari - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Yusrizal - 195212311982031020 - Dosen Pembimbing I
Nomor Pokok Mahasiswa
1806103030015
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.302 81
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Jauhari, Deana. 2022. Pembelajaran Bermakna Menggunakan Model Pembelajaran CORE Pada Materi Cahaya dan Optik kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala
(1) Prof. Dr Yusrizal M.Pd (2) Drs. Ahmad Farhan, M.Si
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang diakibatkan karena siswa kurang aktif dalam belajar mandiri sehingga digunakan model pembelajaran CORE berkaian dengan teori pembelajaran bermakna dari Ausubel yang menjelaskan bahwa belajar bermakna adalah proses dikaitkannya informasi baru pada konsep-konsep yang sudah dimiliki dalam struktur kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran bermakna menggunakan model CORE. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh yang berjumlah 255 siswa. Sampel penelitian adalah kelas VIII-8 dengan jumlah siswa 31 orang. Sampel ini diperoleh secara Random Sampling (Sampel Acak). Data adalah hasil tes pretest-posttest. Data dianalisis menggunakan statistik uji-t. Hasil analisis data pada taraf signifikan α= 5% dan dk = 31 menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel yaitu 17,7 > 1,69. Berdasarkan kriteria pengujian jika thitung > ttabel maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) lebih tinggi dari hasil belajar sebelum pembelajaran dilakukan. Aplikasi model CORE, meningkatkan capaian hasil belajar siswa. Peningkatan dengan kriteria sedang dicapai sebesar 35.48% dan tinggi dicapai oleh 64.51% siswa. Jadi disimpulkan bahwa Penerapan model pembejaran CORE pada proses pembelajaran Fisika materi cahaya dan Optik di SMP Negeri 6 Kota Banda Aceh mampu mencapai peningkatan hasil belajar siswa dalam kategori sedang sampai tinggi.
Kata kunci. Model Pembelajaran CORE,Pembelajaran Bermakna, hasil belajar
Jauhari, Deana. 2022. Meaningful Learning Using the CORE Learning Model on Light and Optical Materials for class VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh. Thesis, Department of Physics Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University (1) Prof. Dr. Yusrizal M.Pd (2) Drs. Ahmad Farhan, M.Si This research is motivated by the low learning outcomes of students caused by students being less active in independent learning so that the CORE learning model is used in connection with the meaningful learning theory from Ausubel which explains that meaningful learning is the process of linking new information to concepts already possessed in the cognitive structure. student. This study aims to determine the improvement of student learning outcomes towards meaningful learning using the CORE model. The research method used is quantitative with a quasi-experimental type of research. The population of this study were students of class VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh, totaling 255 students. The research sample was class VIII-8 with 31 students. This sample was obtained by Random Sampling (Random Sample). The data are the results of the pretest-posttest test. Data were analyzed using t-test statistics. The results of data analysis at the significant level = 5% and dk = 31 indicate that the value of tcount > ttable is 17.7 > 1.69. Based on the test criteria if tcount > ttable then H1 is accepted. Thus, it can be concluded that the learning outcomes of students who are taught with the CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) learning model are higher than the learning outcomes before the learning is carried out. The application of the CORE model, improves the achievement of student learning outcomes. The improvement with medium criteria was achieved by 35.48% and high was achieved by 64.51% of students. So it was concluded that the application of the CORE learning model in the learning process of light and optics at SMP Negeri 6 Banda Aceh was able to achieve an increase in student learning outcomes in the medium to high category. Keywords. CORE Learning Model, Meaningful Learning, learning outcomes
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLDV KELAS VIII SMP NEGERI 13 BANDA ACEH (Nurul Khotimah, 2024)
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CORE PADA MATERI GARIS SINGGUNG LINGKARAN DI SMPN 1 BANDA ACEH (Rahma Tini, 2020)
PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 10 BANDA ACEH (Intan Putri, 2016)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CORE DAN DIRECT LEARNING DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (Munauwarah, 2018)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHINGRNUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA RNMATA PELAJARAN FISIKA KELAS VIII3 MTSN RNBANDA ACEH (Siti Nurjihan, 2015)