PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 MATA IE KABUPATEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR OLEH GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 1 MATA IE KABUPATEN ACEH BESAR


Pengarang

Zharifah Munawarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Bukhari - 195907151986031003 - Dosen Pembimbing I
Aida Fitri - 197510132005012001 - Dosen Pembimbing II
Mislinawati - 198101042008122002 - Penguji
Rizki Kurniawati - 199106052021022101 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104040006

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.33

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Munawarah, Zharifah. 2022. Pemanfaatan Media Belajar Oleh Guru Dalam Pembelajaran Di SD Negeri 1 Mata Ie Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :

(1) Drs. Bukhari, M.Pd (2) Aida Fitri, S.Pd, M.Pd

Kata Kunci : Pemanfaatan Media Belajar, Pembelajaran

Kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru tentu hal ini akan menjadi guru benar-benar harus mempunyai kompetensi baik secara metodologis maupun secara konseptualis dalam rangka untuk mengaplikasikan perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang efektif dan efesien. Salah satu yang harus dikuasai oleh guru adalah mampu memanfaatkan penggunaan media belajar yang ada di lembaga pendidikan tersebut. Hal itu telah ditetapkan dalam Permendiknas nomor 16 tahun 2007, bahwa guru harus memiliki kemampuan menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media belajar oleh guru dalam pembelajaran di SD Negeri 1 Mata Ie Aceh Besar. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu sebagai sarana untuk menambah pengetahuan tentang bagaimana kriteria pemilihan dan pemanfaatan media belajar dalam pembelajaran.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari tiga orang guru yaitu guru kelas IV, V, dan VI. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media belajar oleh guru dalam pembelajaran di SD Negeri 1 Mata Ie Kabupaten Aceh Besar pada mata pelajaran IPA, IPS, SBdP, matematika dan bahasa Indonesia yaitu media grafis, guru menggambar, menarik garis dan menjelaskan di papan tulis tentang cara pembuatan media grafis. Selanjutnya media bahan cetak, guru meminta peserta didik untuk membuka buku cetak sesuai tema yang sedang ditempuh, membacakan teks yang ada dibuku, dan menambahkan materi yang kurang jelas di papan tulis. Media gambar diam, guru mempersiapkan gambar yang ditempelkan di papan tulis yang diiringi penjelasan dari media gambar diam. Selanjutnya media LCD, guru mencari video mengenai materi di internet, video pembelajaran ditampilkan melalui LCD. Media slide, guru memilih materi, membuat hal-hal yang pokok dari intisari judul materi.

Munawarah, Zharifah. 2022. Utilization of Learning Media by Teachers in Learning at SD Negeri 1 Mata Ie, Aceh Besar District. Thesis, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Supervisor : (1) Drs. Bukhari, M.Pd (2) Aida Fitri, S.Pd, M.Pd Keywords: Utilization of Learning Media, Learning The pedagogic competence possessed by the teacher of course this will be the teacher really must have competence both methodologically and conceptually in order to apply learning planning and implementation of effective and efficient learning. One of the things that must be mastered by the teacher is being able to take advantage of the use of learning media in the educational institution. It has been stipulated in Permendiknas number 16 of 2007, that teachers must have the ability to use learning media and learning resources that are relevant to the characteristics of students and the subjects being taught to achieve learning objectives as a whole. This study aims to describe the use of learning media by teachers in learning at SD Negeri 1 Mata Ie Aceh Besar. The benefits of this research are as a means to increase knowledge about how to select criteria and use learning media in learning. The approach used in this research is qualitative with descriptive type. The subjects of this study consisted of three teachers, namely teachers in grades IV, V, and VI. Data collection techniques were carried out by observation and interviews. Data processing uses data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the study, it shows that the use of learning media by teachers in learning at SD Negeri 1 Mata Ie, Aceh Besar District in the subjects of science, social studies, SBdP, mathematics and Indonesian language, namely graphic media, the teacher draws, draws lines and explains on the blackboard about how to graphic media creation. Furthermore, the media is printed material, the teacher asks students to open a printed book according to the theme being pursued, read the text in the book, and add material that is not clear on the blackboard. Still image media, the teacher prepares images pasted on the blackboard accompanied by explanations from still image media. Furthermore, the LCD media, the teacher looks for videos about the material on the internet, learning videos are displayed through the LCD. Slide media, the teacher chooses the material, makes the main things from the essence of the material title.

Citation



    SERVICES DESK