Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS PEMILIHAN MODA EVAKUASI TSUNAMI (STUDI KASUS : GEDUNG EVAKUASI TSUNAMI BPBA BANDA ACEH)
Pengarang
MUHAMMAD HAFIZH RYATUN PUTRA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Yusria Darma - 197301301999031002 - Dosen Pembimbing I
Juliana Fisaini - 199007172019032021 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1804101010044
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pengetahuan akan mitigasi bencana sangat diperlukan oleh masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana tsunami. Beberapa desa yang berada di Kecamatan Meuraxa, Kecamatan Jaya Baru, dan Kecamatan Peukan Bada berada di kawasan rawan bencana tsunami. Pemilihan moda yang tepat pada saat evakuasi bencana tsunami diharapkan dapat mengurangi resiko kecelakaan pada saat evakuasi tsunami. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor (atribut) yang mempengaruhi perilaku masyarakat dalam pemilihan moda transportasi pada saat evakuasi tsunami dan mengetahui model empiris probabilitas pemilihan moda transportasi pada saat evakuasi tsunami. Penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung kepada masyarakat yang tinggal di radius 2 km dari Gedung Evakuasi Tsunami BPBA Banda Aceh. Variabel terikat pada penelitian ini berupa pemilihan moda, sedangkan variabel bebas berupa karakteristik sosial ekonomi dan keputusan pemilihan moda. Pemodelan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pemilihan diskrit (Discrete Choice Model) dengan analisis regresi logit biner dan pengolahan data dengan software SPSS. Hasil dari peneilitian ini untuk memberikan gambaran tentang probabilitas pemilihan moda evakuasi tsunami di radius 2 km dari Gedung Evakuasi Tsunami BPBA Banda Aceh. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa faktor – faktor yang mempengaruhi pemilihan moda evakuasi tsunami adalah jumlah anggota keluarga (X4), anak-anak dalam rumah tangga (X5), lansia dalam rumah tangga (X6), lebar jalan (X10), dan jarak tempuh evakuasi (X11). Model empiris pemilihan moda kendaraan bermotor untuk evakuasi tsunami di lokasi penelitian berupa : UMotorized = – 0,678(X4) – 0,725(X5) + 0,939 (X6) + 0,775 (X10) + 1,473 (X11). Probabilitas pemilihan moda berjalan kaki sebesar 25,8% dan probabilitas pemilihan moda kendaraan bermotor sebesar 74,2% pada saat evakuasi tsunami.
Knowledge of disaster mitigation is needed by people living in tsunami-prone areas. Several villages located in Meuraxa District, Jaya Baru District, and Peukan Bada District are in tsunami-prone areas. The selection of the right mode during tsunami evacuation is expected to reduce the risk of accidents during a tsunami evacuation. The purpose of this research is to identify the factors (attributes) that influence people's behavior in the selection of transportation modes during tsunami evacuation and to find out an empirical model of the probability of selecting transportation modes during a tsunami evacuation. The questionnaires were distributed directly to the people living within a 2 km radius of the BPBA Banda Aceh Tsunami Evacuation Building. The dependent variable in this study is the choice of mode. While the independent variables are socio-economic characteristics and mode choice decisions. The modeling used in this study is a discrete choice model with binary logit regression analysis and data processing with SPSS software. The results of this research are to provide an overview of the probability of selecting a tsunami evacuation mode within a radius of 2 km from the BPBA Banda Aceh Tsunami Evacuation Building. The results showed that the factors that influenced the choice of tsunami evacuation mode were the number of family members (X4), children in the household (X5), elderly in the household (X6), road width (X10), and evacuation distance (X4). X11). The empirical model for selecting motorized vehicles for tsunami evacuation at the research site is: UMotorized = – 0.678(X4) – 0.725(X5) + 0.939 (X6) + 0.775 (X10) + 1.473 (X11). The probability of choosing a walking mode is 25.8% and the probability of choosing a motorized vehicle is 74.2% at the time of tsunami evacuation. Key words : Socio-economic characteristics, mode choice decision, selection of evacuation mode, probability, binary logit regression
ANALISIS PEMILIHAN RUTE EVAKUASI TSUNAMI BERDASARKAN LEBAR JALAN (STUDI KASUS: GEDUNG EVAKUASI TSUNAMI BPBA DI BANDA ACEH) (MUHAMMAD RIDHA, 2022)
ANALISIS KAPASITAS STRUKTUR GEDUNG BERTINGKAT DI KECAMATAN BAITUSSALAM SEBAGAI TEMPAT EVAKUASI SEMENTARARN(STUDI KASUS: MESJID AL-MAGFIRAH HABIB CHIEK KAJHU DAN GEDUNG B YAYASAN KESEHATAN MASYARAKAT KAJHU) (SANDRIO YULIANSYAH, 2023)
EVALUASI KELENGKAPAN FASILITAS TSUNAMI ESCAPE BUILDING (TEB) DI KECAMATAN MEURAXA UNTUK KELAYAKAN TEMPAT EVAKUASI SEMENTARA (TES) (ZAHRINA, 2019)
PENILAIAN KAPASITAS STRUKTUR GEDUNG BERTINGKAT DI KECAMATAN BAITUSSALAM SEBAGAI TEMPAT EVAKUASI VERTIKAL(STUDI KASUS: GEDUNG A YAYASAN KESEHATAN MASYARAKAT DAN GEDUNG SMAN 1 BAITUSSALAM) (CHRESKY NOFELRI KARUNDENG, 2021)
ANALISIS PEMILIHAN RUTE EVAKUASI TSUNAMI BERDASARKAN LEBAR JALAN DI KECAMATAN BAITUSSALAM, ACEH BESAR (Kamalia, 2022)