Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS POTENSI KONFLIK DAN KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL BERLENGAN EMPAT (STUDI KASUS: JEMBATAN COT IRI - BLANG BINTANG)
Pengarang
RIZKI AULIA RAMADHANI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ruhdi Faisal - 198908142015041003 - Dosen Pembimbing I
Sugiarto - 198104102006041003 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1804101010131
Fakultas & Prodi
Fakultas Teknik / Teknik Sipil (S1) / PDDIKTI : 22201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Teknik., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Persimpangan Jembatan Cot Iri – Blang Bintang merupakan salah satu akses menuju ke Bandara Sultan Iskandar Muda, Universitas Syiah Kuala dan UIN-Araniry serta Universitas Abulyatama. Hal tersebut menyebabkan banyak pengendara yang melalui simpang tersebut, sehingga tundaan dan konflik lalu lintas rentan terjadi. Maka dari itu, hal ini menjadi tujuan diperlukannya analisis potensi konflik pergerakan kendaraan pada simpang tak bersinyal berlengan empat dengan metode Traffic Conflict Technique (TCT) dan kinerja simpang tak bersinyal berlengan empat menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) pada persimpangan Jembatan Cot Iri – Blang Bintang. Data survey berupa data geometrik jalan, konflik lalu lintas (crossing, merging dan diverging) dan volume lalu lintas yang direkam menggunakan drone. Pengambilan data dilakukan selama 3 (tiga) hari, 2 (hari) pada hari kerja yaitu pada hari Rabu dan Kamis pada jam sibuk (peak hours) (pukul 07:00 – 08:00) dan (pukul 17:00 – 18:00) serta 1 (satu) hari pada akhir pekan yaitu hari Sabtu. Hasil yang diperoleh volume puncak tejadi pada hari Rabu sore tanggal 29 Juni 2022 dengan volume lalu lintas tertinggi 2603 smp/jam pada pukul 17.00-18.00 WIB, nilai kapasitas maksimum sebesar 2769,69 smp/jam, nilai DS yaitu 0,94 lebih besar dari yang disyaratkan yaitu < 0,85, nilai dari peluang antrian (QP) 35,42% - 69,89%, tundaan simpang (D) 16,68 det/jam masuk kedalam tingkat pelayanan C. Jumlah konflik yang tercatat selama 3 hari pengamatan mencapai 622 kejadian dari 3 jenis konflik (crossing, merging dan diverging) yang terjadi di persimpangan. Persentase konflik yang terjadi dalam 3 hari pengamatan diantaranya 12,06% serious conflict dan 87,94% non serious conflict.
The Intersection of Cot Iri - Blang Bintang Bridge is one of the accesses to Sultan Iskandar Muda Airport, Syiah Kuala University and UIN-Araniry as well as Abulyatama University. This causes many motorists to go through the intersection, so delays and traffic conflicts are vulnerable to occur. At non-stop intersections, the driver of the vehicle does not have priority of the road passing through the intersection, which causes the driver to precede each other in order to get to the destination quickly, so the risk of accidents will increase. Therefore, this is the purpose of the need for analysis of potential conflicts in vehicle movements at four-armed non-signaled intersections using the Traffic Conflict Technique (TCT) method and the performance of four-armed non-signaled intersections using the Indonesian Road Capacity Manual method (MKJI, 1997) at the cot Iri – Blang Bintang Bridge intersection. Survey data in the form of geometric road data, traffic conflicts (crossing, merging and diverging) and traffic volume recorded using drones. Data collection is carried out for 2 (two) weekdays on Wednesday and Thursday during peak hours (peak hours) (07:00 – 08:00) and (17:00 – 18:00), and 1 (day) on weekends on Saturdays. The results obtained by the peak volume occurred on Wednesday, June 29, 2022 with the highest traffic volume of 2603 smp/hour at 17.00-18.00 WIB, the maximum capacity value of 2769.69 smp/hour, the DS value of 0,94 is greater than the required < 0.85, the value of the queue opportunity (QP) 35,42% - 69,89%, the delay of the intersection (D) 16.68 sec/hour enters the service level C. The number of conflicts recorded during the 3 days of observation reached 622 events from 3 types of conflicts (crossing, merging and diverging) that occurred at intersections. The percentage of conflicts that occurred in 3 days of observation included 12.06% serious conflict and 87.94% non-serious conflict.
ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK-BERSINYAL DAN BUNDARAN MENGGUNAKAN ARUS IDEAL (MUHAMMAD AZKIA AGUSSA, 2016)
STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANGRNPADA SIMPANG BERSINYAL BERLENGAN EMPATRNDI KOTA BANDA ACEH (Ika yusra, 2014)
ANALISIS HUBUNGAN MATEMATIS ARUS, KECEPATAN, KEPADATAN PADA SIMPANG BERLENGAN LEBIH DARI EMPAT DAN BUNDARAN (Farras Nasywa, 2024)
EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG REMI KOTA LANGSA DENGAN METODE MKJI DAN SIMULASI (IQBAL, 2017)
EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG REMI KOTA LANGSA DENGAN METODE MKJI DAN SIMULASI (IQBAL, 2017)