Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MASA PANDEMI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR
Pengarang
NURHALIZA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ramli - 196312311988101001 - Dosen Pembimbing I
Razali - 196112211987031002 - Dosen Pembimbing II
Denni Iskandar - 196902161994031003 - Penguji
Muhammad Idham - 197610072006041002 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1706102010030
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP - Pendidikan Bahasa Indonesia., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Nurhaliza. 2022. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, FKIP, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Ramli, M.Pd. dan (2) Dr. Razali, M.Pd.
Kata Kunci : pelaksanaan pembelajaran, masa pandemi
Penelitian ini berjudul “Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar”. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi pembelajaran bahasa Indonesia masa pandemi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini berbentuk deskriptif kualitatif. Teknik dokumentasi berupa analisis RPP dan observasi berupa pengamatan pada proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia selama masa pandemi pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar berjalan dengan baik. Hal itu terlihat dari penyusunan RPP oleh guru sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 tahun 2016 dengan memuat identitas satuan pendidikan, kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator pembelajaran, tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, sumber belajar, metode pembelajaran, dan langkah-langkah pembelajaran. Kompetensi dasar yang diajarkan oleh guru pada masa pandemi adalah KD yang esensial serta dapat terlaksana dengan baik selama belajar tatap muka pada masa pandemi. Durasi waktu belajar tatap muka pada masa pandemi semakin sedikit yang semula 40 menit menjadi 30 menit dalam satu jam pertemuan. Hal ini bertujuan untuk mengefisienkan waktu supaya semua mata pelajaran dapat terlaksana dengan baik walaupun pada masa pandemi. Dalam pembelajaran guru menerapkan langkah-langkah yang sesuai dengan . Hasil pembelajaran menunjukkan bahwa nilai rata-rata siswa kelas VII-1 adalah 91 dan telah melampaui nilai KKM yang ditetapkan, yaitu 75.
IMPLEMENTASI KURIKULUM MANDIRI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MATERI TARI SAMAN KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA (Sari Wahyuni, 2024)
MEDIA PEMBELAJARAN PADA PRODI TEKSTIL DI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA ACEH BESAR (sumiharwati, 2021)
KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI SISWA KELAS VI SD NEGERI I PANTE RAY A, KABUPATEN BENER MERLAH (Muhammad Iqbal, 2021)
KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PARAGRAF DI KELAS V SD NEGERI NEUHEUN KECAMATAN MESJID RAYA KABUPATEN ACEH BESAR (DARA MAULIDIA, 2019)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TWO STAY TWO STRAY PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA ACEH BESAR (MARZIA, 2019)