Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMP NEGERI 9 BANDA ACEH
Pengarang
Rina Susanti - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0706101040071
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2011
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata kunci : Model Quantum Teaching, prestasi belajar
Quantum Teaching merupakan salah satu model pembelajaran.Model pembelajaran ini bersandar pada konsep "Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka", dan memiliki kerangka rancangan belajar yang dikenal dengan TANDUR. Penelirian Quantum Teaching ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa mencerminkan pembelajaran Quantum Teaching; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran Quantum Teaching; dan (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VU-I SMP Negeri 9 Banda Aceh yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar (evaluasi) siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran Quantum Teaching, lembar pengamatan keterampilan guru dalam pembelajaran Quantum Teaching, dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching yang telah dilaksanakan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa (I) Persentase ketuntasan individual meningkat dari 47%, 60010 hingga siklus terakhir 80%, persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dan 30%, 80% hingga 87%;(2) Persentase aktivitas guru dan siswa meningkat dari 84%, 89010, dan siklus terakhir 87%; (3) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran Quantum Teaching meningkat dari katagori sedang, baik, dan cukup baik; dan (4) Persentase respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Quantum Teaching 92% senang, 90% baru, 93% berminat, 88,5% jelas dengan bahasa yang digunakan, 93% menarik, 97% dapat memperjelas pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geografi pada materi gejala-gejala di hidrosfer dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI MAN 1 BANDA ACEH (SITI HAJAR, 2019)
PENCAPAIAN KETUNTASAN KLASIKAL PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI SMP NEGERI 4 BANDA ACEH (Novita Uliati, 2018)
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OBSERVATION LEARNING DENGAN QUANTUM TEACHING DALAM MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IS SMA NEGERI 16 BANDA ACEH (NURMANSYAH PUTRA, 2020)
MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2016/2017 (YENNY SAFRINA, 2017)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-8 SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (NAZARIATUN NAJMI, 2015)