PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMP NEGERI 9 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI SISWA SMP NEGERI 9 BANDA ACEH


Pengarang

Rina Susanti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0706101040071

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Geografi (S1) / PDDIKTI : 87202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2011

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : Model Quantum Teaching, prestasi belajar

Quantum Teaching merupakan salah satu model pembelajaran.Model pembelajaran ini bersandar pada konsep "Bawalah Dunia Mereka ke Dunia Kita dan Antarkan Dunia Kita ke Dunia Mereka", dan memiliki kerangka rancangan belajar yang dikenal dengan TANDUR. Penelirian Quantum Teaching ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa; (2) Aktivitas guru dan siswa mencerminkan pembelajaran Quantum Teaching; (3) Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran Quantum Teaching; dan (4) Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Quantum Teaching. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VU-I SMP Negeri 9 Banda Aceh yang berjumlah 30 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar (evaluasi) siswa, lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran Quantum Teaching, lembar pengamatan keterampilan guru dalam pembelajaran Quantum Teaching, dan angket respon siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching yang telah dilaksanakan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa (I) Persentase ketuntasan individual meningkat dari 47%, 60010 hingga siklus terakhir 80%, persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dan 30%, 80% hingga 87%;(2) Persentase aktivitas guru dan siswa meningkat dari 84%, 89010, dan siklus terakhir 87%; (3) Keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran Quantum Teaching meningkat dari katagori sedang, baik, dan cukup baik; dan (4) Persentase respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Quantum Teaching 92% senang, 90% baru, 93% berminat, 88,5% jelas dengan bahasa yang digunakan, 93% menarik, 97% dapat memperjelas pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geografi pada materi gejala-gejala di hidrosfer dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK