PENGARUH PEMBELAJARA KOOPERATLF TLPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PEMBELAJARA KOOPERATLF TLPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR


Pengarang

satriyani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806101050005

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : kooperatif, Berkirim Salam dan Soal

Skripsi ini berjudul "Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal Terhadap Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dalam pembelajaran Sejarah siswa kelas XI SMA Negeri I Darul Imarah Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (percobaan). Untuk pengolahan data, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan statistik yang sesuai yaitu rumus korelasi product moment dengan taraf signifikan a = 0.05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung = 21.10 dan ttabel = 1.68 dengan kriteria pengujiannya adalah: jika thitungng > ttabel maka signifikan, dan jika thitung t tabel (2 1,10 > 1,68) maka korelasi atau pengaruhnya adalah signifi kan yang berarti Ha diterima, Berdasarkan basil pengolahan data diperoleh hasil belajar siswa kelas XI IPSz diperoleh sebagian besar siswa mempunyai nilai prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran Berkirim Salam dan Soa1 tergolong dalam
kriteria baik sebesar 65%, dengan demikian dapat terlihat hasil pengunaan tipe Berkirim Salam dan Soal memiliki nilai kriteria ketuntasan yang baik daiam Mata Peiajaran Sejarah. Sedangkan pada siswa kelas XI IPS3 yang di ajarkan menggunakan metode konvensional yang tergolong dalam kriteria kurang yaitu 20%. Dengan demikian sebagian siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional memiliki nilai yang kurang terhadap mata pelajaran Sejarah. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapar pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe Berkirim Salam dan Soal dalam pembelajaran Sejarah siswa kelas X! SMA. Negeri Darul lmarah Aceh Besar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK