Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH PEMBELAJARA KOOPERATLF TLPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR
Pengarang
satriyani - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
0806101050005
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2012
Bahasa
Indonesia
No Classification
371.3
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Kata Kunci : kooperatif, Berkirim Salam dan Soal
Skripsi ini berjudul "Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Berkirim Salam dan Soal Terhadap Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal dalam pembelajaran Sejarah siswa kelas XI SMA Negeri I Darul Imarah Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen (percobaan). Untuk pengolahan data, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan statistik yang sesuai yaitu rumus korelasi product moment dengan taraf signifikan a = 0.05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh thitung = 21.10 dan ttabel = 1.68 dengan kriteria pengujiannya adalah: jika thitungng > ttabel maka signifikan, dan jika thitung t tabel (2 1,10 > 1,68) maka korelasi atau pengaruhnya adalah signifi kan yang berarti Ha diterima, Berdasarkan basil pengolahan data diperoleh hasil belajar siswa kelas XI IPSz diperoleh sebagian besar siswa mempunyai nilai prestasi belajar yang menggunakan model pembelajaran Berkirim Salam dan Soa1 tergolong dalam
kriteria baik sebesar 65%, dengan demikian dapat terlihat hasil pengunaan tipe Berkirim Salam dan Soal memiliki nilai kriteria ketuntasan yang baik daiam Mata Peiajaran Sejarah. Sedangkan pada siswa kelas XI IPS3 yang di ajarkan menggunakan metode konvensional yang tergolong dalam kriteria kurang yaitu 20%. Dengan demikian sebagian siswa yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional memiliki nilai yang kurang terhadap mata pelajaran Sejarah. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapar pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe Berkirim Salam dan Soal dalam pembelajaran Sejarah siswa kelas X! SMA. Negeri Darul lmarah Aceh Besar.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH (Marhami, 2013)
PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL PADA MATERIJAMUR DI KELAS X MAN DARUSSALAM ACEH BESAR (zulidayati, 2014)
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL DENGAN MODEL LEMPAR BOLA SALJU PADA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI MAN DARUSSALAM ACEH BESAR (Lili Purnama Sari, 2021)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERKIRIM SALAM DAN SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 BANDA ACEH (hasbi, 2014)
PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH, ACEH BESAR (Fitria Cikita, 2014)