Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
Pengarang
HIDAYATI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Rahmah Johar - 197011171998032002 - Penguji
Usman - 197412312001121003 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1509200160018
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S2) / PDDIKTI : 84102
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Magister Pendidikan Matematika., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Matematika dapat mengembangkan pemikiran kritis, kreatif, sistematis, dan logis. Tujuan pembelajaran metematika menurut NCTM untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis adalah Problem Based Learning (PBL). Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dan minat siswa pada materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIA MAN 1 Aceh Besar yang terdiri dari 27 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes kemampuan komunikasi matematis siswa, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya adanya peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I dan siklus II. Siklus I dengan rata-rata nilai 68,89, siklus II dengan rata-rata nilai 75,56. Minat belajar matematika siswa pada materi statistika melalui model pembelajaran Problem Based Learning mengalami peningkatan pada setiap siklus. Siklus I rata-rata respon siswa tentang minat belajar matematika 51%. Siklus II rata-rata respon siswa tentang minat belajar matematika yaitu 67%.
Mathematics can develop critical, creative, systematic and logical thinking. One of the objectives of mathematics learning is to improve mathematical communication skills. One learning model that can improve such skills is problem based learning(PBL). The purpose of the study was to examine the improvement of students’ mathematical communication skills and students' motivation in statistics using problem based learning(PBL). The method used in this study was classroom action research (CAR). Twenty-seven Year 12 students participated in the study. The instruments used included a test for examining students, mathematical communication skills, observation sheet for observing student activities, observation sheet for evaluating the ability of teachers in managinge the learning. The results showed that there was an increase in students' mathematical communication skills through problem based learning model in cycle I and II, the average score was 68.89 and 75.56, respectively. The students’ learning interest in learning mathematics, specifically statistics through problem based learning, was also improved in each cycle, with an average of 51% and 67% for cycle I and II.
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (FAURINA RINANDA, 2018)
KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DI SMA NEGERI 1 MONTASIK (Hilda Aini Syifa, 2024)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM-BASED LEARNING (PBL) DI MTSS LAM UJONG ACEH BESAR (LINDA ANDALIA, 2020)
PERKEMBANGAN UPAYA GURU MENERAPKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP (SITI RAHMAH, 2019)
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN KONTEKS SEDEKAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KESADARAN TERHADAP PENGENTASAN KEMISKINAN SISWA (SDG 1) (Nurniqta, 2024)