Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MEMBANGUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Pengarang
Esti Nanda Kesuma - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Mailizar - 198105252006041002 - Dosen Pembimbing I
Cut Khairunnisak - 198411272015042003 - Dosen Pembimbing II
Nomor Pokok Mahasiswa
1606103020022
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pada era globalisasi ini, kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu
kemampuan yang harus digenggam oleh siswa. Oleh karenanya di dalam
pelaksanaan pembelajaran diperlukannya perangkat pembelajaraan yang mampu
membangun kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui proses dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran dengan model
Project Based Learning (PjBL) bernuansa etnomatematika yang valid untuk
membangun kemampuan berpikir kritis siswa. Perangkat pembelajaran tersebut
berupa RPP, Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dan Lembar Tes Kemampuan Berpikir
Kritis (LTKBK). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Plomp,
dengan tahapan investigasi awal, perancangan, dan penilaian. Namun pada penelitian
ini dibatasi hingga dua tahapan saja yakni investigasi awal dan perancangan. Sumber
data penelitian ini diperoleh dari dua dosen ahli pada Program Studi Matematika
FKIP Universitas Syiah Kuala serta satu orang guru bidang matematika SMAN 1
Darul Imarah yang berperan sebagai validator. Instrumen dalam penelitian ini berupa
lembar validasi untuk RPP, LAS, dan LTKBK, lembar keterbacaan untuk LAS dan
LTKBK, serta lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data
yang dilakukan adalah analisis data hasil validasi oleh ahli dan analisis data uji coba
pada kelompok terbatas. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran berupa
RPP materi trigonometri (aturan sinus dan cosinus) dengan model pembelajaran
PjBL berbasis etnomatematika yang di dalamnya terdapat LAS dan LTKBK yang
memuat indikator-indikator untuk membangun kemampuan berpikir kritis siswa.
Hasil analisis validasi berupa RPP, LAS dan LTKBK memperoleh kriteria sangat
valid.
Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat pembelajaran, Project based
learning.
In this era of globalization, the ability to think critically is one of the abilities that must be grasped by students. Therefore in the implementation of learning requires learning devices that are capable of build students' critical thinking skills. The purpose of this research is to knowing the process and results of developing learning devices with models Project Based Learning (PjBL) with ethnomathematical nuances that is valid for build students' critical thinking skills. The learning tools in the form of RPP, Student Activity Sheet (LAS) and Thinking Ability Test Sheet Critical (LTKBK). This research is a research on the development of the Plomp model, with the stages of initial investigation, design, and assessment. However, in research This research is limited to two stages, namely initial investigation and design. Source This research data was obtained from two expert lecturers in the Mathematics Study Program FKIP Syiah Kuala University and a mathematics teacher at SMAN 1 Darul Imarah who acts as a validator. The instruments in this research are: validation sheet for RPP, LAS, and LTKBK, legibility sheet for LAS and LTKBK, as well as critical thinking ability observation sheets. Data analysis technique What is done is the analysis of the data from the validation results by experts and the analysis of test data in a limited group. This research produces learning tools in the form of: RPP for trigonometry (sine and cosine rules) with learning models Ethnomathematics-based PjBL in which there are LAS and LTKBK which contains indicators to build students' critical thinking skills. The results of the validation analysis in the form of RPP, LAS and LTBKK obtained very high criteria valid. Keywords: Development, Learning tools, Project based learning.
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA DAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA SMP PADA MATERI PERSAMAAN GARIS MELALUI PROJECT-BASED LEARNING (Sela Nur Shadiqah, 2022)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TECHNOLOGICAL, PEDAGOGICAL, AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Nurul Ayuni, 2018)
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRTIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN FISIKA DIKELAS X SMA NEGERI 2 BUKIT (Halmaida, 2020)
PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MAS DARUL IHSAN (SUSI YANTI, 2021)
RESPON GURU TERHADAP PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA (Nuzulul Rahmah, 2020)