PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND


Pengarang

ZURAIDA IM - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1109200160067

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

1

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan pemahaman matematis dan
disposisi matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan
strategi MHM dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian
ini merupakan suatu studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pre-test post-
test control group design. Subjek populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA
Negeri 2 Sigli dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas
kontrol) melalui teknik random sampling dari tujuh kelas paralelmyang tersedia.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yaitu tes. Tes meliputi
tes pemahaman matematis , skala disposisi, dan bahan ajar berupa LKK pemahaman
matematis. Untuk melihat adanya perbedaan pemahaman matematis siswa antara
kelompok strategi MHM dengan kelompok konvensional digunakan uji-t pada taraf
signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Dari data dan hasil uji
statistik kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS 17 for Windows dan Microsoft
Excel 2007 untuk menginterpretasikan pemhaman matematis siswa serta disposisi
matematis siswa terhadap pembelajaran dengan strategi MHM. Berdasarkan hasil
penelitian, diketahui bahwa 1) Pemahaman matematis siswa yang memperoleh
pembelajaran dengan menggunakan strategi MHM lebih baik daripada siswa yang
memperleh pembelajaran konvensional; 2) Disposisi matematis siswa yang
memperoleh pembelajaran dengan menggunakan strategi MHM lebih baik daripada
siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi antara
pemahaman matematis siswa dan disposisi matematis siswa tentang matematika.
Penggunaan strategi MHM dalam pembelajaran terbukti dapat mempengaruhi
pemahaman matematis dan disposisi matematis siswa menjadi lebih baik, secara
kualitas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya
menggunakan strategi MHM dan yang menggunakan pendekatan konvensional.
Kata Kunci: Pemahaman matematis, disposisi matematis, strategi MHM.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK