Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND
Pengarang
ZURAIDA IM - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1109200160067
Fakultas & Prodi
Fakultas / / PDDIKTI :
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Program Pasca Sarjana Universitas Syiah Kuala., 2013
Bahasa
Indonesia
No Classification
1
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan pemahaman matematis dan
disposisi matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan
strategi MHM dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian
ini merupakan suatu studi kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pre-test post-
test control group design. Subjek populasi adalah seluruh siswa kelas XI SMA
Negeri 2 Sigli dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas
kontrol) melalui teknik random sampling dari tujuh kelas paralelmyang tersedia.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen yaitu tes. Tes meliputi
tes pemahaman matematis , skala disposisi, dan bahan ajar berupa LKK pemahaman
matematis. Untuk melihat adanya perbedaan pemahaman matematis siswa antara
kelompok strategi MHM dengan kelompok konvensional digunakan uji-t pada taraf
signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi. Dari data dan hasil uji
statistik kemudian dianalisis dengan bantuan SPSS 17 for Windows dan Microsoft
Excel 2007 untuk menginterpretasikan pemhaman matematis siswa serta disposisi
matematis siswa terhadap pembelajaran dengan strategi MHM. Berdasarkan hasil
penelitian, diketahui bahwa 1) Pemahaman matematis siswa yang memperoleh
pembelajaran dengan menggunakan strategi MHM lebih baik daripada siswa yang
memperleh pembelajaran konvensional; 2) Disposisi matematis siswa yang
memperoleh pembelajaran dengan menggunakan strategi MHM lebih baik daripada
siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; 3) Terdapat korelasi antara
pemahaman matematis siswa dan disposisi matematis siswa tentang matematika.
Penggunaan strategi MHM dalam pembelajaran terbukti dapat mempengaruhi
pemahaman matematis dan disposisi matematis siswa menjadi lebih baik, secara
kualitas terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya
menggunakan strategi MHM dan yang menggunakan pendekatan konvensional.
Kata Kunci: Pemahaman matematis, disposisi matematis, strategi MHM.
Tidak Tersedia Deskripsi
PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND (ZURAIDA IM, 2014)
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (Drs. Abubakar, 2015)
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIKA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (Zinatun Hayati, 2019)
PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MTSN MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Rifki Maqfirah, 2017)
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E (Wahyuni Nopasari, 2021)