Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 5 PAHLAWANKU SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN PB 1 DI KELAS IV SD NEGERI MONTASIK
Pengarang
Nurul Atikah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nurhaidah M. Insya Musa - 195703211979032002 - Dosen Pembimbing I
Hajidin - 195904201985031005 - Dosen Pembimbing II
Sulaiman - 195904131988031001 - Dosen Pembimbing III
Mislinawati - 198101042008122002 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1806104040012
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Atikah, Nurul. 2022. Pengaruh Media Big Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan PB 1 Di Kelas IV SD Negeri Montasik. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1). Dra. Nurhaidah M. Insya Musa, M.Pd. (2). Dr. Hajidin, M.Pd.
Kata Kunci: Media Big Book, Hasil Belajar Peserta Didik, Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan.
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Media Big Book Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema 5 Pahlawanku Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan PB 1 di Kelas IV SD Negeri Montasik”. Permasalahan dalam penelitian ini guru kurang menggunakan media yang menarik dalam proses pembelajaran. Guru sering menggunakan metode ceramah dan pemberian tugas sehingga peserta didik menjadi bosan dan tidak tertarik untuk belajar. Adapun yang menjadi rumusan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh media Big Book terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 5 pahlawanku subtema 1 perjuangan para pahlawan pb 1 di kelas IV SD Negeri Montasik?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media Big Book terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 5 pahlawanku subtema 1 perjuangan para pahlawan pb 1di kelas IV SD Negeri Montasik.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experiment), dengan desain Pretest dan posttest one group design. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas IV SD Negeri Montasik, pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh yaitu keseluruhan dari populasi yang berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan pengujian hipotesis statistik uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis rumus statistik uji t, dimana pengujian thitung = 16,62. Sedangkan derajat kebebasan db=N–1=36 –1=35 dengan taraf signifikat α=0,05 diperoleh t(1- α) (N-1) = t(1- 0,05) (36-1) = t(0,95) (35) = 1,70. Karena thitung > ttabel yaitu 16,62 > 1,70 maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Big Book terhadap hasil belajar peserta didik pada tema 5 pahlawanku subtema 1 perjuangan para pahlawan PB 1 di kelas IV SD Negeri Montasik”.
ABSTRACT Atikah, Nurul. 2022. The Effect of Big Book Media on Students' Learning Outcomes on Theme 5 My Heroes Sub-theme 1 The Struggle of PB 1 Heroes in Class IV SD Negeri Montasik. Thesis. Primary School Teacher Education Department. Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Supervisor: (1). Dra. Nurhaidah M. Insha Musa, M.Pd. (2). Dr. Hajidin, M.Pd. Keywords: Big Book Media, Student Learning Outcomes, Theme 5 My Heroes Sub-theme 1 The Struggle of the Heroes. This research is entitled "The Effect of Big Book Media on Student Learning Outcomes in Theme 5 My Heroes Sub-theme 1 The Struggle of PB 1 Heroes in Class IV SD Negeri Montasik". The problem in this study is that the teacher does not use interesting media in the learning process. Teachers often use the lecture method and assign assignments so that students become bored and not interested in learning. As for the formulation in this research, is there any influence of Big Book media on student learning outcomes on the theme 5 heroes, sub-theme 1 the struggle of the heroes of PB 1 in class IV SD Negeri Montasik?. This study aims to determine the effect of Big Book media on student learning outcomes on the theme of 5 my heroes, sub-theme 1 of the struggle of the heroes of PB 1 in the fourth grade of SD Negeri Montasik. The approach used in this study is a quantitative approach, a quasi-experimental type of research, with a pretest and posttest one group design. The population in this study were all fourth grade students at SD Negeri Montasik. The sample was taken using a saturated sampling technique, namely the entire population of 36 students. Data collection techniques using tests in the form of pretest and posttest. The results of this study were analyzed using statistical hypothesis testing t test. The results showed that the hypothesis testing statistical formula was t-test, where the t-test = 16.62. While the degrees of freedom db=N–1=36–1=35 with a significant level =0,05 obtained t(1- ) (N-1) = t(1-0,05) (36-1) = t (0.95) (35) = 1.70. Because tcount > ttable which is 16.62 > 1.70 then H0 is rejected and Ha is accepted, it can be concluded that there is an effect of using Big Book media on student learning outcomes on theme 5 my heroes, sub-theme 1 struggle of PB 1 heroes in grade IV SD Negeri Montasic".
PENGARUH MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SD NEGERI 2 BANDA ACEH (Haira Ilmi, 2020)
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA TEMA 8 DAN SUBTEMA 1 KELAS III SD NEGERI PANTE KAREUNG ACEH BESAR (Agus Mauliza, 2020)
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Sumarniati Desky, 2019)
PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA TEMA 7 SUBTEMA 3 DI KELAS V SDN 12 BANDA ACEH (KANAYA FADWA, 2023)
KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN KATA PENGHUBUNG DALAM KARANGAN DESKRIPSI PADA RNTEMA 1 SUBTEMA 2 PB 2 KELAS V SD NEGERI 40 RNBANDA ACEH (Devi Ratnasari, 2022)