Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS MISKOSNEPSI SISWA PADA MATERI LOGARITMA DI SMA NEGERI 5 BANDA ACEH
Pengarang
Nurul Raflah - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Salasi R - 195707141984031003 - Dosen Pembimbing I
Khairul Umam - 197908102008121002 - Dosen Pembimbing II
M. Hasbi - 196207091989031002 - m.hasbi@fkip.unsyiah.ac.id - - - Penguji
Dra. Bintang Zaura, M.Pd - - - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1706103020041
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Miskonsepsi merupakan suatu permasalahan yang harus ditangani dengan menggunakan tes diagnostik Three Tier Test. Three Tier Test merupakan tes pilihan ganda yang terdiri dari tiga tingkatan dimana tingkatan pertama berisi tentang pengetahuan siswa, tingkatan kedua berisi pilihan alasan sedangkan tingkatan ketiga berisi tingkat keyakinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi pada materi logaritma menggunakan tes diagnostik Three Tier Test. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek pada penelitian ini berjumlah 30 siswa kelas X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes diagnostik Three Tier Test dan pedoman wawancara. Data yang telah dikumpulkan akan dilakukan triangulasi sumber data. Data hasil Three Tier Test akan dikelompokkan sesuai dengan kriteria pemahaman yang ditetapkan dan disajikan dalam bentuk persen dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 50% siswa mengalami miskonsepsi, 30% tidak Paham konsep dan 20% yang Paham konsep. Miskonsepsi terjadi pada setiap indikator materi logaritma. Adapun penyebab terjadinya miskonsepsi dikarenakan siswa sendiri dan konteks yaitu kurangnya informasi yang diperoleh, kurangnya konsep dasar sebelum mempelajari logaritma seperti aljabar dan perpangkatan. Serta kurangnya minat belajar sehingga mempengaruhi terjadinya miskonsepsi.
Kata Kunci: Miskonsepsi, Three Tier Test, Logaritma, Tes Diagnostik
Misconception is a problem that must be handled using the Three Tier Test diagnostic test. Diagnostic test Three Tier Test is a multiplechoice test with three levels where the first level is a students’ knowledge, the second levels is the reasons for the previous question, while the third level contains students’ confidence in answering question. The study aims to identify misconceptions that occur in logarithmic material based on the Three Tier Test diagnostic test using a qualitative method in the form of a descriptive approach. The subjects used in this study were 30 students of class X SMA Negeri 5 Banda Aceh. Data collection techniques used in the form of Three Tier Test diagnostic test and interview guidelines. The data has been collected will be triangulated from the data source. The data from the Three Tier Test results will be grouped according to the defined understanding criteria and presented in the form of percentages and averages. The results showed that as many as 50% of students had misconceptions, 30% did not understand the concept and 20% understood the concept. Misconceptions occur in every logarithmic material indicator. The causes of misconceptions are due to the students themselves and the context, namely the lack of information obtained, the lack of basic concepts before studying logarithmic such as algebra and powers and the lack interest in learning the affects the occurrence of misconceptions. Keywords: Misconception, Three Tier Test, Logarithmic, Diagnostic Test
PENGARUH CONSUMER PRICE INDEX, JUMLAH UANG BEREDAR, PRODUK DOMESTIK BRUTO, TINGKAT SUKU BUNGA DAN NERACA PEMBAYARAN TERHADAP NILAI TUKAR RUPIAH (Novy Eny, 2024)
PENGUASAAN MATERI PECAHAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI PRASYARAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Ridha Yuniara, 2015)
ANALISIS SOAL EKSPONEN DAN LOGARITMA DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA SISWA KELAS X KURIKULUM MERDEKA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI (SALSABIILA SINA, 2024)
PENGEMBANGAN TES DIAGNOSTIK BEBRBASIS E-LEARNING UNTUK MENGUKUR LEARNING LOSS SISWA PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA DI SMA (Darma, 2024)
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN REMEDIAL BERBASIS E-LEARNING PADA MATERI EKSPONEN DAN LOGARITMA DI SMA (Siti Hayatul Husna, 2024)