KORELASI HUBUNGAN INTERPERSONAL PERAWAT-PASIEN DENGAN KUALITAS ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD MEURAXA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KORELASI HUBUNGAN INTERPERSONAL PERAWAT-PASIEN DENGAN KUALITAS ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD MEURAXA BANDA ACEH


Pengarang

Wildan Akbar - Personal Name;

Dosen Pembimbing

19850123 201504 1 001 - - - Dosen Pembimbing I
Mariatul Kiftia - 198301292010012101 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1812101010033

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S1) / PDDIKTI : 14201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keperawatan (S1)., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN
RISET, DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN
SKRIPSI
8 Juni 2022
XVI + VI BAB + 58 Halaman + 6 Tabel + 1 Skema + 19 Lampiran
WILDAN AKBAR
1812101010033

KORELASI HUBUNGAN INTERPERSONAL PERAWAT-PASIEN DENGAN KUALITAS ASUHAN KEPERAWATAN DI RUANG RAWAT INAP RSUD MEURAXA BANDA ACEH

ABSTRAK
Pelayanan keperawatan merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan yang dapt menjadi tolak ukur terhadap citra dan kualitas pelayanan kesehatan dirumah sakit. Perawat terlibat dalam sebagian besar interaksi dengan pasien selama 24 jam di ruang rawat. Perlu adanya hubungan interpersonal yang efektif antara perawat dengan pasien selama proses perawatan agar tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas asuhan keperawatan yang diberikan juga meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi hubungan interpersonal perawat-pasien dengan kualitas asuhan keperawatan di ruang rawat inap RSUD Meuraxa Banda Aceh. Desain penelitian ini adalah korelatif dengan pendekatan cross-sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di ruang rawat inap RSUD Meuraxa Banda Aceh. Sampel penelitian ini berjumlah 109 responden yang diambil menggunakan teknik convenience sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Nursing Care Interpersonal Relationship Questionnaire (NCIRQ) dan kuesioner Patient Perception of Hospital Experience with Nursing (PPHEN) masing-masing dengan nilai reliabilitas 0,970 dan 0,948 dalam versi bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor hubungan interpersonal perawat-pasien adalah 50 (SD 5,007) dan rata-rata skor kualitas asuhan keperawatan adalah 68,47 (SD 3,721). Hasil uji non parametrik Spearman Rank menunjukkan nilai koefisien korelasi (r)= 0,710 dan p-value= 0,001 yang berarti terdapat korelasi yang kuat antara hubungan interpersonal perawat-pasien dengan kualitas asuhan keperawatan. Diharapkan kepada perawat untuk mempertahankan dan meningkatkan keterampilan komunikasi dalam hubungan interpersonal agar tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas asuhan keperawatan semakin tinggi.
Kata Kunci : Hubungan Interpersonal, Kualitas Asuhan Keperawatan, Perawat, Pasien, Rumah Sakit
Daftar Bacaan : 13 buku, 5 tesis, 60 jurnal, 3 artikel, 1 website (1992-2021)

MINISTRY OF EDUCATION, CULTURE RESEARCH, AND TECHNOLOGY UNIVERSITAS SYIAH KUALA FACULTY OF NURSING UNDERGRADUATE THESIS 8 June 2022 XVI + VI CHAPTERS + 58 Pages + 6 Tables + 1 Schema + 19 Appendices WILDAN AKBAR 1812101010033 THE CORRELATION BETWEEN NURSE-PATIENT INTERPERSONAL RELATIONSHIP WITH THE NURSING CARE QUALITY IN THE INPATIENT ROOM OF MEURAXA REGIONAL HOSPITAL OF BANDA ACEH ABSTRACT The image and quality of service in a hospital can be measured by its nursing services, which are an essential part of health services in the hospital. In providing nursing services, nurses will interact with patients for 24 hours. Hence, effective interpersonal relationships between patients and nurses are needed to increase patient satisfaction regarding nursing care quality. This study examined the correlation between nurse-patient interpersonal relationships and nursing care quality in the inpatient room of Meuraxa Regional General Hospital of Banda Aceh. This study was correlational research with a cross-sectional design. The population members of this study were all patients in the inpatient room of Meuraxa Regional General Hospital. The sampling technique used was the convenience sampling method to select 109 respondents. The data were collected through Nursing Care Interpersonal Relationship Questionnaire (NCIRQ) and Patient Perception of Hospital Experience with Nursing Questionnaire (PPHEN) with reliability values of 0.970 and 0.948 respectively in the Indonesian version. The results showed the average score of nurse-patient interpersonal relationship was 50 (SD 5.007) and the average score of nursing care quality was 68,47 (SD 3.721). Moreover, the Spearman Rank Nonparametric test showed the correlation coefficient (r)= 0.710 and p-value= 0.001 which means there is a strong correlation between nurse-patient interpersonal relationships and nursing care quality. Hence, nurses are expected to maintain and improve communication skills in interpersonal relationships to increase patient satisfaction levels regarding the nursing care quality. Keywords : Interpersonal relationships, nursing care quality, nurses, patients, hospitals References : 13 books, 5 theses, 60 journals, 3 articles, 1 website (1992-2021)

Citation



    SERVICES DESK