Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MEDIA FILM ANIMASI 2D BERBASIS MOTION GRAPHIC TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI RNSMA NEGERI 2 SABANG PADA MATA PELAJARAN SEJARAH
Pengarang
Muhammad Haikal - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Sakdiyah - 196412311992032011 - Dosen Pembimbing I
T. Bahagia Kesuma - 198906262019031014 - Dosen Pembimbing II
Nurasiah - 197612312005012002 - Penguji
Sufandi Iswanto - 198905142019031008 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1506101020017
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Haikal, Muhammad 2022. Efektivitas Pemanfaatan Media Film Animasi 2D Berbasis Motion Graphic Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sabang Pada Mata Pelajaran Sejarah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Sakdiyah, M.Si. (2) T. Bahagia Kesuma, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Efektivitas, Media Film Animasi 2D Berbasis Motion Graphic, Minat Belajar Pelajaran Sejarah.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Sabang yang disebabkan pola pembelajaran yang masih belum mampu menarik minat belajar siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui efektivitas pemanfaatan media pembelajaran film animasi 2D berbasis motion graphic pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Sabang, respon siswa terhadap pemanfaatan film animasi 2D berbasis motion graphic pada mata pelajaran sejarah, tingkat minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Sabang dan efektivitas media pembelajaran film animasi 2D berbasis motion graphic dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Negeri 2 Sabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian pre-experimental dengan menggunakan group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sabang yang berjumlah 6 kelas dan sampelnya terdiri dari 25 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan memberikan angket, test dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, pemanfaatan media sudah berhasil dilaksanakan pada mata pelajaran sejarah. Diperoleh hasil respon siswa baik, dengan besar pengaruh (R2) sebesar 95,8% selebihnya dipengaruhi oleh faktor luar seperti lingkungan. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai = thitung 2,416, nilai = ttabel 1,713 berarti > atau thitung 2,416 > ttabel 1,713, sesuai dengan kriteria pengujian Ha maka diterima. Dengan demikian, pemanfaatan media film animasi 2D berbasis motion graphic efektif terhadap minat belajar siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Sabang.
ABSTRACT Haikal, Muhammad 2022. The Effectiveness of Using 2D Animated Films Based on Motion Graphics on the Learning Interest of Class XI Students of SMA Negeri 2 Sabang in History Subjects. Thesis, Department of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Supervisor: (1) Dr. Sakdiyah, M.Si. (2) T. Bahagia Kesuma, S.Pd., M.Pd Keywords: Effectiveness, 2D Animated Film Media Based on Motion Graphics, Interest in Learning History Lessons. This research is motivated by the low interest in learning students in history subjects in class XI SMA Negeri 2 Sabang due to learning patterns that are still not able to attract students' own interest in learning. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the use of motion graphic-based 2D animated film learning media in history subjects in class XI SMA Negeri 2 Sabang, student responses to the use of motion graphic-based 2D animated films in history subjects, the level of student interest in learning in these subjects. history in class XI SMA Negeri 2 Sabang and the effectiveness of learning media 2D animation film based on motion graphics in increasing student interest in learning history in class XI SMA Negeri 2 Sabang. This study uses a descriptive quantitative approach with the type of pre-experimental research using a group pretest posttest design. The population in this study were all students of class XI SMA Negeri 2 Sabang which amounted to 6 classes and the sample consisted of 25 students. The sampling technique used purposive sampling. Data collection techniques in the study were carried out by providing questionnaires, tests and documentation. Based on the research results obtained, the use of media has been successfully implemented in history subjects. The results of the students' responses were good, with a large influence (R2) of 95.8%, the rest was influenced by external factors such as the environment. Hypothesis test results obtained value = tcount 2,416, value = ttable 1,713 means > or tcount 2,416 > ttable 1,713, according to the criteria for testing Ha, it is accepted. Thus, the use of motion graphic-based 2D animated film media is effective on the learning interest of class XI IPS 2 MAN 2 Sabang students.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MENGGGUNAKAN MEDIA ANIMASI DAN TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Aulya Desanti, 2014)
PERSEPSI PESERTA DIDIK DALAM PEMANFAATAN VIDEO ANIMASI MOTION GRAPHIC PADA PEMBELAJARAN SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI SMAN 1 BAKTIYA DAN SMAN 1 JANGKA (Husnita Muliyana, 2023)
PENERAPAN MEDIA STRIP STORY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X IPS MAN 1 ACEH BESAR (SRI WAHYUNI, 2023)
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POCKET BOOK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS MAN 1 ACEH SELATAN (LISKA WULANDARI, 2024)
PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUKIT DAN SMA NEGERI 2 BUKIT BENER MERIAH (supianiko, 2015)