IMPLEMENTASI PROGRAM TRIAS UKS PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI-KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA TAHUN AJARAN 2020/2021 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

IMPLEMENTASI PROGRAM TRIAS UKS PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI-KECAMATAN BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA TAHUN AJARAN 2020/2021


Pengarang

Maryam - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Syamsulrizal - 196701301992031003 - Dosen Pembimbing I
Yeni Marlina - 198206262006042002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1906204020001

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Olahraga (S2) / PDDIKTI : 85101

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas kip (S2)., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

IMPLEMENTASI PROGRAM TRIAS UKS PADA
SEKOLAH DASAR NEGERI DI-KECAMATAN
BANDAR BARU KABUPATEN PIDIE JAYA
TAHUN AJARAN 2020/ 2021

ABSTRAK
(Maryam)

Program TRIAS UKS di Sekolah Dasar keberadaannya sangat dibutuhkan dalam pemantauan pertumbuhan dan perkembangan anak usia Sekolah Dasar yang sangat rawan terhadap masalah gizi dan kesehatan, oleh karena itu betapa pentingnya pelayanan dan pendidikan kesehatan di Sekolah. Berdasarkan latar belakang masalah bagaimana pelaksanaa program Trias UKS pada sekolah Dasar negeri di kecamatan Bandar Baru kabupaten Pidie jaya“. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana implementasi program Trias UKS pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bandar Baru Kabupaten pidie Jaya. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar Negeri dan Madrasah ibtidaiyah yang terdiri dari 28 sekolah dasar negeri dan 4 madrasah ibtidaiyah swasta. Adapun yang menjadi responden adalah 30 orang kepala sekolah dan 32 orang pengurus UKS. Metode yang digunakan adalah total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang dilakukan mengunakan Statistik deskriptif dengan menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase.\ Hasil penelitian pelaksanaan Program TRIAS UKS pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya menunjukan hasil yang di peroleh dari faktor pendidikan kesehatan memperoleh nilai rata-rata7,32 (29,03%), dengan katagori cukup baik. Faktor pelayanan kesehatan memperoleh nilai rata-rata 6,48 (19,35%) dengan katagori cukup baik dan faktor pembinaan lingkungan sekolah sehat memperoleh nilai rata-rata 7,13 (38,7%) dengan katagori cukup baik. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanan program Trias UKS pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie jaya dengan katagori Cukup Baik
Kata Kunci: Implementasi program TRIAS UKS

IMPLEMENTATION OF THE UKS TRIAS PROGRAM IN STATE ELEMENTARY SCHOOL IN SUB-DISTRICT NEW BANDAR, PIDIE JAYA REGENCY ACADEMIC YEAR 2020/2021 ABSTRACT (Maryam) The TRIAS UKS program in elementary schools is very much needed in monitoring the growth and development of elementary school-aged children who are very vulnerable to nutrition and health problems, therefore how important health services and education are in schools. Based on the background of the problem, how to implement the UKS Trias program at public elementary schools in Bandar Baru sub-district, Pidie Jaya district". The purpose of this study was to determine the extent of the implementation of the UKS Trias program at State Elementary Schools in Bandar Baru District, Pidie Jaya Regency. The samples in this study were all State Elementary Schools and Madrasah Ibtidaiyah consisting of 28 public elementary schools and 4 private madrasah Ibtidaiyah. The respondents were 30 school principals and 32 UKS administrators. The method used is total sampling. The instrument used is a questionnaire. The analysis technique was carried out using descriptive statistics by pouring frequency into percentage form. The results of the research on the implementation of the UKS TRIAS Program at State Elementary Schools in Bandar Baru District, Pidie Jaya Regency, showed that the results obtained from the health education factor obtained an average value of 7.32 (29.03%), with a fairly good category. The health service factor obtained an average score of 6.48 (19.35%) in the fairly good category and the healthy school environment development factor obtained an average score of 7.13 (38.7%) in the fairly good category. From the results of data analysis, it can be concluded that the implementation of the UKS Trias program at State Elementary Schools in Bandar Baru District, Pidie Jaya Regency is in the Good Enough category. Keywords: Implementation of UKS TRIAS program

Citation



    SERVICES DESK