Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMPN 1 WOYLA BARAT
Pengarang
Putri Herliza - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Ellianti - 196510301990022002 - Dosen Pembimbing I
Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing II
Dra. Bintang Zaura, M.Pd - - - Dosen Pembimbing III
R.M. Bambang S - 195911091986031001 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1706103020003
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Kip (S1)., 2022
Bahasa
Indonesia
No Classification
370.152
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Penerapan model yang kurang bervariasi dalam pembelajaran merupakan faktor rendahnya kemampuan siswa untuk berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi teorema phytagoras di kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat, dan terpilih sampel secara acak yaitu siswa kelas VIII A sebanyak 18 orang. Jenis penelitian pre eksperimental design dengan desain penelitian one group pre-test -post-test design. Data dikumpulkan melalui tes, yaitu soal pre-test dan post-test yang telah dirancang dengan konsep yang sama namun soalnya berbeda. Data dalam penelitian ini adalah selisih dari nilai pre-test dan post-test. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus uji statistis t-tes berpasangan sampel dependen pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata 45,83, standar deviasi 6,69. Kemudian diperoleh thitung= 29,01, dengan taraf signifikan 5% dan dk 17 diperoleh t_tabel= 1,74. Hasil ini menunjukkan t_hitung>t_tabel, sehingga dapat dissimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi teorema phytagoras di kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat.
Kata kunci : discoverey learning, kemamapuan berpikir kritis, teorema phytagoras
ABSTRACT The application of models that are less varied in learning is a factor in the low ability of students to think critically. The purpose of this study was to determine students' critical thinking skills after the application of the discovery learning model to the Pythagorean theorem material in class VIII of SMPN 1 Woyla Barat. The population taken was all students of class VIII SMPN 1 Woyla Barat, and a random sample of 18 students of class VIII A was selected. This type of research is pre-experimental design with a one-group pre-test -post-test design. Data were collected through tests, namely pre-test and post-test questions that had been designed with the same concept but the questions were different. The data in this study is the difference between the pre-test and post-test scores. Then the data were analyzed using the statistical test formula t-test paired dependent sample at a significant level of 5%. The results of data analysis obtained an average value of 45.83, standard deviation of 6.69. Then obtained tcount = 29.01, with a significant level of 5% and dk 17 obtained t_table = 1.74. These results show t_count>t_table, so it can be concluded that the application of the discovery learning learning model can improve students' critical thinking skills on the Pythagorean theorem material in class VIII SMPN 1 Woyla Barat. Keywords: discovery learning, critical thinking ability, Pythagorean theorem
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII SMPN 15 BANDA ACEH (Syarifah Suhayya, 2016)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SABANG (Hershinta Desiandra, 2023)
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA KONSEP SUHU DAN KALOR DI SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (DEVI AULIA RACHMAYATI, 2015)
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP (Firaq Akbar, 2024)
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMPIT AL-AZHAR (Lia Devi, 2018)