KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMPN 1 WOYLA BARAT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DI KELAS VIII SMPN 1 WOYLA BARAT


Pengarang

Putri Herliza - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ellianti - 196510301990022002 - Dosen Pembimbing I
Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing II
Dra. Bintang Zaura, M.Pd - - - Dosen Pembimbing III
R.M. Bambang S - 195911091986031001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103020003

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kip (S1)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.152

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Penerapan model yang kurang bervariasi dalam pembelajaran merupakan faktor rendahnya kemampuan siswa untuk berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran discovery learning pada materi teorema phytagoras di kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat, dan terpilih sampel secara acak yaitu siswa kelas VIII A sebanyak 18 orang. Jenis penelitian pre eksperimental design dengan desain penelitian one group pre-test -post-test design. Data dikumpulkan melalui tes, yaitu soal pre-test dan post-test yang telah dirancang dengan konsep yang sama namun soalnya berbeda. Data dalam penelitian ini adalah selisih dari nilai pre-test dan post-test. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus uji statistis t-tes berpasangan sampel dependen pada taraf signifikan 5%. Hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata 45,83, standar deviasi 6,69. Kemudian diperoleh thitung= 29,01, dengan taraf signifikan 5% dan dk 17 diperoleh t_tabel= 1,74. Hasil ini menunjukkan t_hitung>t_tabel, sehingga dapat dissimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi teorema phytagoras di kelas VIII SMPN 1 Woyla Barat.

Kata kunci : discoverey learning, kemamapuan berpikir kritis, teorema phytagoras


ABSTRACT The application of models that are less varied in learning is a factor in the low ability of students to think critically. The purpose of this study was to determine students' critical thinking skills after the application of the discovery learning model to the Pythagorean theorem material in class VIII of SMPN 1 Woyla Barat. The population taken was all students of class VIII SMPN 1 Woyla Barat, and a random sample of 18 students of class VIII A was selected. This type of research is pre-experimental design with a one-group pre-test -post-test design. Data were collected through tests, namely pre-test and post-test questions that had been designed with the same concept but the questions were different. The data in this study is the difference between the pre-test and post-test scores. Then the data were analyzed using the statistical test formula t-test paired dependent sample at a significant level of 5%. The results of data analysis obtained an average value of 45.83, standard deviation of 6.69. Then obtained tcount = 29.01, with a significant level of 5% and dk 17 obtained t_table = 1.74. These results show t_count>t_table, so it can be concluded that the application of the discovery learning learning model can improve students' critical thinking skills on the Pythagorean theorem material in class VIII SMPN 1 Woyla Barat. Keywords: discovery learning, critical thinking ability, Pythagorean theorem

Citation



    SERVICES DESK