ANALISIS EKSISTENSI PASAR TRADISIONAL DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS EKSISTENSI PASAR TRADISIONAL DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

HERI SETIADI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Nur Aidar - 197502182006042001 - Dosen Pembimbing I
Amri - 197507192006041001 - Penguji
Muhammad Abrar - 197708022005011004 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1501101010066

Fakultas & Prodi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Pembangunan (S1) / PDDIKTI : 60201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis (S1)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

381

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi eksistensi pasar tradisional di Kota Banda Aceh. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini antara lain karakteristik pasar, karakteristik pedagang, karakteristik pembeli dan persepsi terhadap eksistensi pasar. Penelitian menggunakan data primer dan menggunakan sampel sebanyak 60 pedagang 60 pembeli dan 3 orang pengelola yang tersebar di tiga pasar tradisional yaitu pasar kartini , peuniti dan pasar setui. Berdasarkan hasil penelitian persepsi pedagang terhadap eksistensi pasar tradisional di Kota Banda Aceh hal yang menarik pengunjung ke pasar adalah keamanan, kenyamanan, dan kualitas barang yang masih bagus dan segar. Hasil penelitian pengunjung ke pasar tradisional, keberadaan pasar tradisional dekat dengan pemukiman dan lokasi tempat tinggal juga menjadi suatu yang penting bagi pengunjung untuk tetap berbelanja di pasar. Untuk menjaga eksistensi pasar tradisional maka pengelola pasar dapat meningkatkan keamanan, kenyamanan pedagang dan pengujung pasar tradisional dan meningkatkan fasilitas yang ada di pasar tradisional.

Kata kunci: Eksistensi, Karakteristik, Pasar Tradisional, Pedagang, Pembeli

This study aims to determine the factors that influence the existence of traditional market in Banda Aceh City. The variables in this study include market characteristics, merchant characteristics, buyer characteristics and perceptions of market existence. In this study, the authors used a sample of 60 traders, 60 buyers and 3 managers spread over three traditional market, namely Kartini , Peuniti and Setui market. Based on the results of the research on traders' perceptions of the existence of traditional market in Banda Aceh City, the things that attract visitors to the market are safety, comfort, and the quality of goods that are still good and fresh. The results of the research of visitors to traditional market, the existence of traditional market close to settlements and the location of residence is also an important thing for visitors to keep shopping at the market. In order to maintain the existence of traditional market, market managers are trying to improve the security, convenience of traders and traditional market visitors and improve the existing facilities in traditional market. Keywords: Existence, Characteristics, Traditional markets, Merchants, Buyers

Citation



    SERVICES DESK