Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala



STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN E…

Nursyda Azzuhra

Nursyda Azzuhra (2024). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 8 Banda Aceh. [Skripsi. Universitas Syiah Kuala]. Dibawah bimbingan Dr. Ismail, S.Pd. M.Pd dan Irma Anggraini, S.Pd. M.Pd. Pendidikan merupakan suatu masalah yang sangat penting dalam kehidupan bahkan tidak bisa di pisahkan sama sekali dari kehidupan. Pendidikan memerlukan strategi guru atau pendidik yang profesional, relevansi penyediaan materi, penggunaan ketepatan me…

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMAN 1 LEUPUNG TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PEN…

Desi Fitriani

ABSTRAK Pendidikan memiliki peran penting untuk menciptakan manusia yang berkualitas dan berpotensi. Oleh karena itu motivasi merupakan daya penggerak siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai keinginan siswa dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui motivasi, minat, dan menganalisis hubungan motivasi belajar siswa terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam pe…

PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE MOBILE LEGENDS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SI…

Erna Shafera

ABSTRAK Erna Shafera, 2024, Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Mobile Legends Terhadap Motivasi belajar siswa SMP di Lamno. Skripsi, Jurusan Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Nurbaity, S.Pd., M.Ed. (2) Dara Rosita, S.T., S.Pd., M.Ed Berkembangnya teknologi informasi memunculkan efek positif dan negatif. Salah satu efek negatifnya adalah banyak siswa yang dilaporkan bermain game online. Hal ini mungkin saja membuat …

PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING TIPE FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN M…

UKHTI NURUL HIDAYAH

ABSTRAK Ukhti Nurul Hidayah, 2024. Penerapan Model Blended Learning tipe Flipped Classroom untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah dalam Pembelajaran Sejarah Kelas X IPAS di SMAN 13 Banda Aceh. Jurusan Pendidikan Sejarah. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan model Blended Learning tipe Flipped Clasroom dalam pembelajaran sejarah dan motivasi siswa terhadap penerapan model Blended Learning tipe Flipped Classrooom. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitati…

PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI ME…

Zulfia Rahmi

PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP MOTIVASI MENGAJAR GURU SMP NEGERI KABUPATEN ACEH BESAR Oleh : Zulfia Rahmi NPM: 2209200050026 Komisi Pembimbing: Dr. Ismail, M. Pd. Dr. Niswanto, M. Pd. ABSTRAK Peran kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan sangat penting pada proses peningkatan motivasi mengajar guru di sekolah. Kompetensi guru dan sarana prasarana pendidikan yang baik akan mampu memberi peningkatan motivasi kepada guru. Adapun tuj…

EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK ME…

Atikah Ayu Rizki

Atikah Ayu Rizki (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 1 Bukit Bener Meriah. Keberhasilan belajar dalam dunia pendidikan ditentukan tidak hanya melalui faktor intelektual saja, melainkan faktor non intelektuan yang salah satunya adalah kecakapan peserta didik untuk memotivasi diri dalam belajar. Peserta didik yang memiliki motivasi belajar tinggi dapat mengoptimalkan aktivitas dan inisiat…

MOTIVASI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN PJOK DI SMP NEGERI 3 BANDA ACEH PADA TAH…

INDRA MULIA SINAMBELA

ABSTRAK Indra Mulia Sinambela (2023). Motivasi Siswa Terhadap Pembelajaran PJOK Di SMP Negeri 3 Banda Aceh Tahun 2023 Motivasi adalah serangkaian sikap dan nilai-nilai yang mempengaruhi individu untuk mencapai hal yang spesifik sesusai tujuan individu. Dalam penelitian ini dapat dilihat bahwasanya sangat kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran PJOK di SMP Negeri 3 Banda Aceh, siswa tidak mau melakukan aktivitas gerak yang akan diajarkan oleh guru. Manfaat penelitian secara teo…

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ADVANCE ORGANIZER TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN HA…

Sulsila Marna

Motivasi belajar untuk siswa sangat penting, motivasi dalam belajar berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar yang akan dicapai. Tetapi kenyataan yang didapatkan di lapangan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah pada materi tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran Advance Organizer terhadap pemahaman konsep dan hasil belajar siswa. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 dan kelas XI IP…

GAMBARAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MAN 1 ACEH TENGAH BERDASARKAN JENIS KELAMIN

Ulva Malinda

Motivasi merupakan suatu bentuk investasi jangka panjang yang penting bagi manusia pada kehidupan sehari-hari sehingga memiliki keberhasilan sesuai keinginan individu untuk berhasil. Motivasi sering disamakan dengan “semangat” dan hasil yang dicapai untuk mengembangkan kemampuan melalui proses yang dilakukan dengan kognitif,afektif, psikomotor dan campuran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran motivasi belajar siswa di MAN 1 Aceh Tengah berdasarkan jenis kelamin. Jenis penel…

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE (CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING AND EXTE…

MAULIDA AYUNI

ABSTRAK Maulida Ayuni (2023) Pengaruh model pembelajaran CORE (Connecting, Organaizing, Reflekting and Extending) dengan berbantuan media Crossword puzzele tehadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Takengon. Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE(Connecting, Orgenaizing, Reflekting and Extending) dengan berbantuan media Crossword puzzele …




    SERVICES DESK